Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

23 Mei

Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

cara mengobati hidrosefalus pada bayi
cara mengobati hidrosefalus pada bayi

Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi – Hidrosefalus atau masyarakat lebihi mengenalnya dengan sebutan air di dalam otak. Adalah suatu kondisi dimana adanya penumpukan cairan pada rongga otak atau dengan nama lainnya ventrikel. Hal ini akan mengakibatkan ventrikel yang ada di dalam membesar sehinggga dapat menekan struktur dan jaringan otak di area tersebut.

Cairan yang terdapat pada otak dan saraf tulang belakang atau yang di sebut dengan cairan serebrospinal. Cairan bermanfaat untuk melindungi mekanik otak dan medula spinalis dari trauma. Tidak hanya itu cairan serebrospinal ini juga berfungsi untuk membuang sisa-sia hasil metabolisme otak dan menjaga agar area otak medula spinalis tetap stabil.

Bagian otak yang di sebut koroid pleksus di ventrikel otak adalah tempat produksi cairan serebrospinal. Jumlah cairan yang di hasilkan bisa mencapai 500 ml per harinya. Dan cairan tersebut akan mengisi rongga otak dan medula spinalis. Cairan ini juga akan bersirkulasi dan akan di serap pada bagian yang di sebut dengan vili araknoid. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

Namun bila anda tidak segera memriksakan keadaan ini maka bisa menyebabkan tekanan yang dapat merusak jaringan dan melemahkan fungsi otak. Penyakit hidrosefalus ini memang lebih sering di alami oleh balita atau bayi namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga bisa terkena penyakit yang satu ini.

Kenapa hidrosefalus bisa terjadi?

Jika dalam kondisi yang normal atau sehat kepala akan memproduksi cairan serebrospinal yang berfungsi untuk metabolisme otak. Yaitu sebagai pembersih zat-zat sisa di otak dan memberi makanan ke sel-sel otak.

Perhari cairan ini di produksi sebanyak 500 ml dan selalu di serap oleh tubuh. Namun adanya berbagai faktor gangguan seperti sumbatan akibat tumor, kekeruhan akibat infeksi, produksi yang terlalu banyak, sehingga akan menyebabkan menumpuknya cairan serebrospinal di kepala. Penumpukan cairan di otak ini lebih di kenal dengan sebutan hidrosefalus. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

Tanda-tanda terkena hidrosefalus

  1. Lingkar kepala

Pada saat anda melahir bayi dengan normal akan memilki lingkar kepala 32-39 cm, sehingga pengukuran lingkar kepala pada bayi sangat penting untuk di lakukan. Untuk mengetahuianya pada saat proses persalinan anda harus segera menanyakan apakah lingkar kepala bayi yang di lahirkan normal.

Tidak hanya dalam proses persalinan lingkar kepala pada bayi juga bisa kita ketahui pada saat melakukan pemeriksaan USG. Jika hal ini sudah di ketahui pada saat mengandung maka anda bisa melakukan prediksi terhadap hidrosefalus. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

Anda juga harus melihat pertambahan lingkar kepala jika pada usia bayi kurang dari tiga bulan sekitar 2 cm. Namun pertambahan ini akan berkurang pada bulan 3 bulan kedua yakni menjadi 1 cm. Terus selanjutnya pada penambahan 6 bulan berikutnya hanya 0,5 cm.

2. Ubun-ubun kepala terlambat untuk menutup

Dalam kondisi yang normal biasanya ubun-ubun kecil akan menutup pada usia 2-3 bulan, sedangkan ubun-ubun besar akan menutup jika usia sudah memasuki 2,5 tahun. Namun jik anda mendapat bayi pada usia tersebut dan ubun-ubun kepalanya belum menutup patau di waspadai adanya gejala hidrosefalus. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

3. Mata melirik ke bawah terus menerus

Jika anda mendapati anak yang matanya melirik kebawah terus menerus atau dalam istilah medis di kenal dengan sebutan eye phenomenon atau gambaran mata seperti matahari tenggelam. KOndisi ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada saraf gerak bola mata yang di sebabkan oleh penumpukan cairan sehingga gerak bola mata bayi tersebut terganggu.

4. Pelebaran pembuluh darah balik

Pada saat tertumpuknya cairan di kepala maka akan mengakibatkan aliran darah terganggu yang akan mengakibatkan cairan terbendung dan pembuluh darah menjadi melebar. Hal ini akan menyebabkan gambaran pembuluh darah akan terlihat lebih jelas pada si penderita hidrosefalus. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

5. Muntah tanpa ada sebab

Memang banyak penyakit yang bisa menyebabkan muntah, namun muntah pada bayi yang mengalami hidrosefalus di sebabkan oleh peningkatan tekanan dalam kepala. Pada saat muntah biasanya akan memilki bentuk yang khas yaitu berupa muntah yang menyemprot.

Penyebab hidrosefalus

  1. Terganggunya aliran cairan di otak

Adanya gangguan aliran di otak merupakan penyebab utama terjadinya hidrosefalus. Jika terganggu cairan ini akan berkumpul di otak sehingga bisa menyebabkan hidrosefalus.

2. Cacat bawaan

Cukupilah kebutuhan nutrisi pada janin ketika anda sedang mengandung. Hal ini sangat penting untuk mecukupi kenutuhan asam folat karena bermanfaat untuk menjaga tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Namun jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi bisa mengakibatkan organ bayi khususnya otak tidak akan berkembang dengan sempurna. Sehingga bayi akan mengalami cacat bawaan sejak lahir.  Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

3. Infeksi virus

Anda harus berhati-hati terhadap lingkungan anda karena bisa saja udara di area tersebut mengandung virus. Tidak hanya di udara virus ini juga bisa menyebar melalui kotoran hewan dan bulu hewan. Virus yang sangat berbahaya bagi pasangan pasutri ialah toksoplasma karena virus ini bisa menyebabkan hidrosefalus.

Bahkan pasangan yang terkena virus ini bisa mengalami kemandulan dan mudah mengalami keguguran, serta akan membuat janin cacat sejak dalam kandungan. Untuk mneghindarinya bagi anda pasangan suami istri bisa melakukan dengan cara tes TORCH untuk mengetahui di dalam tubuh apakah terdapat virus tokso atau tidak. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

Manfaat jambu air untuk kesehatan

  1. Mengendalikan diabetes

Apabila anda sedang mengalami diabetes sangat di saran untuk sering memakan buah yang satu ini karena dapat mengontrol kadar gula darah atau dapat mencegah diabet. Meskipun memiliki rasa manis namun manis tersebut di hasilkan dari kandungan gula yang alami.

Sehingga tidak akan mengakibatkan rusaknya komposisi kadar gula darah dalam tubuh. Terutama jambu air memilki kandungan zat jambosine.Zat jambosine sangat bermanfaat untuk membantu anda ketika mengalami penyakit diabetes. Zat ini karena dapat mencegah dan mnegontrol essence menjadi gula dalam darah.  Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

2. Menyehatkan pencernaan

Masalah pada pencernaan seperti susah buang air besar, diare dan lainnya. Bisa di obatai secara alami dengan cara mengonsumsi buah jambu air secara teratur. Hal ini karena serat yang terdapat dalam buah jambu bisa membantu dalam melancarkan pencernaan dengan segera. Manfaat ini juga bisa anda dapatkan dalam buah jambu lainnya.

3. Mencegah kanker

Kanker pasti anda sering mendengarnya, penyakit yang mengerikan ini sampai sekarang belum ada yang mengetahuinya. Oleh karena itu penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun tidak perlu panik bagia anda yang sering mengonsumsi buah jambu kandungan zat yang terdapat dalam buah jambu bisa mencegah kanker. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

Kandungan diantaranya ialah vitamin A dan C yang sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya kanker. Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengonsumsi buah jambu air dapat memanimalisir kanker prostat dan kanker payudara.

4. Mengeluarkan racun di dalam tubuh

Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam buah jambu bisa membantu anda untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Banyak yang mempercayai bahwa dengan mengonsumsi buah jambu air secara rutin bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit.

5. Menyehatkan jantung

Pada jaman sekarang terkena kolestrol adalah hal yang biasa. Anda harus tahu bahwa kolestrol itu bisa merusak metabolisme jantung. Namun anda bisa mengatasinya dengan memakan buah kambu air karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

Secara menakjubkan dengan kandungan yang dimilikinya seperti nutrisi dan serat jambua air ini bisa mengontrol jumlah kolestrol. Dan ada lagi sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa jambu air ini bisa mengatasi berbagai macam penyakit yang mematikan diantaranya adalah serangan jantung, jantung koroner, dan juga penyakit stroke.

6. Menyehatkan mata

Kekurangan vitamin A dalam tubuh anda bisa menyebabkan gangguan pada mata. Jika anda mengalani kondisi tersebut maka segeralah untuk mengonsumsi buah jambu air secara rutin. Tidak hanya untuk mengobati namun anda juga bisa mengonsumsi buah ini untuk membuat mata lebih sehat lagi.  Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

7. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan anti jamur dan anti mikroba yang di miliki oleh jambu air sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari infeksi dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penyakit yang di sebabkan oleh infeksi.

8. Menyehatkan tulang

Jambu bisa menyehatkan tulang karena 100 gram jambu air mengandung 29 mg kalsium. Kalsium tersebut yang akan bermanfaat untuk tulang sehingga akan menjadi kuat dan jauh lebih sehat di bandingkan sebelumnya. Untuk menguatkan tulang anda hanya perlu mengonsumsi buah jambu air secara rutin.

9. Menangkal radikal bebas

Anda pasti sudah tahu bahaya radikal bebas bagi kesehatan yaitu seperti penuaan dini, penyakit jantung, kanker, dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Vitamin C yang di miliki oleh jambu akan membentuk anti oksidan. Sifat anti oksidan inlah yang akan menjadi penangkal radikal bebas dari dalam dan luar tubuh. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

10. Mengatasi dehidrasi

Jika anda kekurangan cairan maka akan mudah letih, lesu, urine menjadi keruh, dan mulut menjadi kering. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengonsumsi buah jambu air karena dapat dengan cepat memulihkan kondisi dehidrasi. Karena di dalam 100 gram jambu air terkandung 93 gram air sehingga bisa mengatasi dehidrasi.

11. Membersihkan ginjal

Melimpahnya kandungan mineral dalam buah jambu air yang dapat memnuhi kebutuhan cairan tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Maka dari manfaat lainnya dari buah jambu air ini ialah dapat memperbaiki metabolisme ginjal serta membersihkan ginjal dengan sendirinya dan asam urine juga. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

12. Perawatan kulit dan wajah

Tidak hanya bisa di gunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit buah jambu ini juga bisa kita manfaatkan untuk menyehatkan kulit. Yaitu dengan cara membuat masker dari buah jambu air. Manfaat dari menggunakan masker ini ialah dapat mencegah penuaan dini, mencegah keriput, dan akan menyehatkan kulit.

100 gram buah jambu air mengandung 22,3 mg vitamin C dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Dengan memiliki kandungan tersebut buah jambu air di yakini mampu meregenasi sel kulit mati. Sehingga kulit anda akan nampak bercahaya dan terlihat lebih muda. Cara Mengobati Hidrosefalus Pada Bayi

post by: obat lipoma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *