Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

30 Apr

Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

cara mengobati penebalan dinding rahim
cara mengobati penebalan dinding rahim

Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim – Rahim (uterus) merupakan organ reproduksi wanita yang terletak didalam rongga panggul diantara kandung kemih dan rektum. Rahim tersebut memiliki dinding-dinding yang kuat dari struktur jaringan kelenjar dipermukaannya dan otot-otot rahim. Yang memiliki ketebalan masing-masing.

Penebalan dinding rahim adalah kondisi yang tidak biasa yaitu rahim memiliki ketebalan yang melebihi normal. Penebalan dinding rahim dalam istilah medis disebut dengan hiperplasia endometrium merupakan penebalan lapisan permukaan rahim .

Endometrium yaitu lapisan yang mengelupas pada saat menstruasi. Yang diakibatkan dari tambahnya jumlah sel-sel penyusunya secara tidak normal. Sehingga akan membentuk pertumbuhan yang berlebihan hal ini akan membuat anda khususnya wanita menjadi sulit hamil, bahkan bisa menjadi terkena kanker rahim. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

Tanda-tanda penebalan dinding rahim

Sangat penting bagi anda yang mempersiapkan kehamilan untuk mengetahui tanda-tanda penebalan dinding rahim. Karena itu bertanda bahwa anda telah memasuki masa ovulasi.

Masa ovulasi adalah masa di mana kesuburan anda sedang berada di puncaknya dan rasio atau kemungkinan kehamilan terjadi akan semakin tinggi. Pada masa ovulasi bagi anda pasangan suami istri harus melakukan hubungan intim untuk yang menginginkan anak.

Tapi ada gejala penebalan dinding rahim yang tidak normal atau disebut hiperplasia endometrium. Hiperplaspsia endometrium dapat menyebabkan berbagai macam keluhan yang membuat anda merasa tidak nyaman. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

Resiko paling parah yaitu bisa menyebabkan kemandulan pada wanita. Agar terhindar dari penyakit ini anda harus tahu tanda-tanda penebalan dinding rahim yang tidak normal. Berikut adalah tanda-tanda penebalan dinding yang tidak normal :

  1. Pendarahan

Vagina akan mengeluarkan darah diantara periode menstruasi. Selain itu perdarahan yang terjadi setelah manopause merupakan gejala penebalan dinding rahim yang tidak normal.

2. Keluar darah menstruasi lebih banyak

Jika anda menderita hiperplapsia endometrium akan mengalami penebalan dinding rahim yang lebih tebal dari ukuran normal. Hal ini akan menyebabkan haid yang dihasilkan pada saat peluruhan di masa mestruasi pun akan lebih banyak dari biasanya dan mengalir lebih deras.

3. Periode menstruasi panjang

Anda akan memiliki periode menstruasi yang panjang dan terasa berat, serta rasa nyeri pada bagian perut apabila mengalami  hiperplapsia endometrium. Pada biasanya anda mengalami haid selama tujuh hari, maka jika mengalami hiperplapsia endometrium bisa mengalami menstruasi sampai belasan hari. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

4. Siklus haid pendek

Tidak hanya periode menstruasi yang menjadi panjang anda yang mengalami penebalan dinding rahim juga bisa mengalami siklus haid yang pendek. Yang akan menyebabkan menstruasi lebih sering daripada biasanya.

5. Tidak menstruasi

Gejala hiperplapsia endometrium dapat berbeda antara yang satu dengan yang lain. Jika penderita satu bisa mengalami periode menstruasi yang panjang dan mengeluarkan banyak darah. Ada juga yang bahkan tidak mengeluarkan darah haid atau tidak mengalami menstruasi sama sekali. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

Cara mengobati penebalan dinding rahim

  1. Royal jelly

Dengan mengonsumsi royal jelly ini, otomatis anda para wanita dengan dinding rahim tipis karena kadar estrogen rendah dapat meningkatkan kadar tersebut.Jika anda mengalami masalah lapisan rahim tipis atupun otot rahim yang sekiranya lemah dapat mengonsumsi royal jelly Karena royal jelly bisa meningkatkan kesehatan rahim.

2. Akar ubi liar

Tidak hanya royal jelly anda juga bisa mengobati penebalan dinding rahim dengan akar ubi. Karena ubi jalar berfungsi untuk mendukung tubuh agar memproduksi estrogen yang lebih supaya kadarnya seimbang. Dan otomatis fungsi rahim akan menjadi lebih baik.

3. Menyeimbangkan hormon

Keseimbangan hormon dikendalikan oleh makanan dan gaya hidup, termasuk estrogen dan progesteron. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

Tidak hanya terpi kimia yang bisa menyeimbangkan hormon anda juga bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, mengurangi paparan racun dan kimia, menjaga berat badan ideal, dan juga cukup tidur.

4. Rajin olahraga

Selain bisa meningkatkan kekuatan otot dan menjaga berat badan olahraga juga bisa  menormalkan fungsi-fungsi tubuh termasuk juga produksi hormon tubuh anda.

5. Kendalikan stress

Anda harus mengendalikan stress karena stress dapat mempengaruhi produksi hormon dan mendatangkan sejumlah penyakit.

Untuk mengatasi stress anda bisa melakukan yoga, meditasi, ataupun menikmati pemandangan alam dapat menambah kesehatan mental anda dengan menekan tingkat stress berlebihan. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

6. Jahe

Kandungan anti-inflamasi yang terdapat pada jahe berguna untuk mengobati berbagai penyakit. Anda hanya perlu mengambil beberapa potong jahe lalu parut dan kemudian rebus hingga mendidih dan masukan pada wadah serta disaring.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu, setelah itu barulah anda bisa mengonsumsi ramuan ini. Konsumsilah ramuan ini secara rutin dua kali sampai tiga kali sehari.

7. Minyak jarak

Untuk mengobati penebalan dinding rahim anda bisa menggunakan minyak jarak. Siapkan kain bersih dan minyak jarak kamudian celupkan kain tersebut pada minyak jarak lalu tempelkan pada bagian bawah perut selama 20-30 menit sambil ditekan. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan gejala penebalan dinding rahim.

8. Biji rami

Biji rami bermanfaat untuk emngobati penebalan dinding rahim karena memiliki sifat antioksidan dan kandungan asam lemak omega-3. Dengan mengonsumsi biji rami bisa membantu anda dalam menghilangkan racun berbahaya daru tubuh. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

9. Kunyit

Isi kurkumin dalam kunyit dikenal bermanfaat untuk anti-inflamasi dan membantu dalam mengobati penebalan dinding rahim.

Jadi anda harus mengonsumsi ramuan ini dengan cara menyiapkan air yang sudah mendidih lalu tambahkan satu sendok teh kunyit, bubuk jahe, satu sendok teh madu dan air perasan lemon. Konsumsilah ramuan ini secara rutin supaya meraih hasil yang optimal.

10. Chamomile

Chamomile bisa mengobati penebalan dinding rahim karena memiliki sifat anti-inflamasi. anti-inflamasi ini berfungsi untuk membantu anda dalam mengurangi peradangan ketika mengalami penebalan dinding rahim.

Untuk mengobati penebalan dinding dengan chamomile anda hanya perlu menyiapkan teh dengan bubuk chamomile dan minumlah rauan ini secara teratur sehari dua sampai tiga kali.

11. Biji adas

Anda hanya perlu mengambil beberapa biji adas dalam kain bersih, Kemudian gosok dan cium wanginya. Anda juga bisa melakukan cara kedua yaitu dengan merebus satu sendok teh biji adas lalu minum sebagai teh herbal. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

12. Brokoli

Senyawa indoles yang terkandung dalam sayuran hijau ini bermanfaat untuk membantu dan meningkatkan metabolisme estrogen serta membantu untuk mengendalikan kondisi penebalan dinding rahim.

13. Minyak ikan

Tidak hanya brokoli yang bisa mengatasi penebalan dinding rahim anda juga bisa mengonsumsi minyak ikan karena kaya akan kandungan asam lemak omega-3.

Minyak ikan ini bermanfaat untuk membantu mencegah pertumbuhan sel-sel yang menyebabkan penebalan dinding rahim. Jadu anda harus mengonsumsi minyak ikan satu sendok teh dua kali sehari yaitu pada waktu pagi dan sore.

Makanan yang bisa mengatasi penebalan dinding rahim

  1. Makanan penyeimbang produksi hormon

Penyakit penebalan dinding rahim sangat bergantung pada hormon estrogen. Tanpa adanya hormon estrogen, endometriosis tidak akan terjadi. Untuk mengatasi penebalan dinding rahim anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan bisa menghambat reseptor hormon estrogen. Makanan yang anda konsumsi harus berasal dari tumbuhan sterol alami yaitu sebagai berikut:

  • Kacang-kacangan
  • Buncis
  • Buah arbei dan prambus
  • Kentang
  • Apel
  • Bawang putih
  • Kubis
  • Wortel
  • Seledri
  • Beras mera

2. Makanan peningkat sistem imun

Sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit penebalan dinding rahim. Apabila anda menderita penyakit ini ada baiknya mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan sistem imun. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

Jadi untuk mengatasi perkembangan penebalan dinding rahim anda bisa mengonsumsi makanan yang yang dapat meningkatkan sistem imun. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan sistem imun diantaranya adalah:

  • Makanan yang mengandung vitamin C
  • Buah yang mengandung vitamin C
  • Bawang merah
  • Wortel
  • Yoghurt
  • Bawang putih
  • Cabe rawit
  • Teh hijau
  • Nanas
  • Jahe
  • Murbei
  • Buncis

3. Makanan rendah lemak dan tinggi serat

Penebalan dinding rahim dapat dicegah atau perkembangannya dapat ditekan dengan cara menekan jumlah estrogen dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Makanan yang kaya akan serat seperti sayuran dan buah-buahan. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

Pilihlah makanan dengan kandungan lemak yang relatif rendah dan memiliki kandungan serat apabila anda ingin mengonsumsi makanan berlemak. Inilah beberapa jenis makanan yang rendah lemak dan mengandung serat misalnya gandum, beras, minyak, canola, minyak zaitun, daging unggas tanpa lemak, dan ikan segar rendah lemak.

4. Melengkapi asupan vitamin

Jika ingin penyembuhan lebih cepat anda juga bisa melengkapi asupan dengan mengonsumsi beberapa jenis suplemen vitamin dan juga mineral.

Tidak hanya dari suplemen saja anda juga bisa memperoleh asupan vitamin dan mineral dari berbagai jenis makanan. Inilah beberapa jenis vitamin yang bisa mempercepat penyembuhan penebalan dinding rahim adalah sebagai berikut:

. Magnesium

Rasa kejang pada perut saat menstruasi dapat dikurangi oleh mineral. Berikut adalah berbagai jenis makanan yang mengandung magnesium seperti alpukat, rempah-rempah, susu, labu, tomat, ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau, biji-bijian, dan juga makanan pencuci mulut seperti puding susu.

. Zinc

Salah satu jenis meneral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Coklat hitam, bayam, kepiting, jamur, bawang putih, tiram, kuning telur, biji-bijian, dan juga daging merah merupakan makanan yang kaya akan kandungan zinc. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

Makanan pantangan untuk penderita penebalan dinding rahim

  1. Makanan cepat saji atau instan

Apabila anda mengonsumsi makanan cepat saji secara terus menerus dan dalam jumlah banyak bisa membahayakan tubuh anda. Karena makanan yang cepat saji atau instan memiliki kandungan kimia serta bahan pengawet yang sangat sulit untuk dicerna sehingga akan menumpuk dan mengendap pada tubuh.

Apabila hal ini dibiarkan bisa menjadi sarang berkembang biaknya parasit yang akan berdampak buruk bagi kesehatan. Karena bisa meningkatkan pertumbuhan tumor responsif hormon lainnya seperti kanker ovarium dan penebalan dinding rahim. Cara Mengobati Penebalan Dinding rahim

2. Alkohol dan cafein

Jika anda sering mengonsumsi alkohol akan mencuri vitamin B yang terdapat dalamorgan liver. Vitamin B adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan ketika anda menderita penebalan dinding rahim. Tidak hanya alkohol, cafein juga salah satu minuman yang bisa meningkatkan estrogen dalam tubuh sehingga mengakibatkan penebalan dinding rahim akan semakin parah.

 

post by: obat lipoma

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *