Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

19 Mei

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

cara mengobati sinusitis dengan air garam
cara mengobati sinusitis dengan air garam

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam – Penyakit sinusitis merupakan adanya suatu peradangan pada sinus yaitu rongga udara di sekitar wajah tepatnya di balik tulang wajah yang terhubung dengan hidung. Dalam keadaan normal sinus akan berisi udara dan sedikit lendir yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban udara. Tapi jika sinus mengalami peradangan maka akan mengakibatkan lapisan mukosa menjadi tebal atau membengkak sehingga menghasilkan lendir atau ingus yang berlebihan.

Sinus sendiri merupakan rongga kosong, berongga udara. Sinus ini akan mengacu pada rongga-rongga yang berlubang yang berada di tengkorak dan terhubung ke saluran udara hidung oleh lubang sempit di tulang. Pada umumnya semua sinus ini akan terbuka menuju saluran hidung melalui ostium. Di dalam tubuh anda terdapat empat jenis sinusi diantaranya adalah sebagia berikut: Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

. Sinus frontal (yang berada di dahi)

. Sinus maksilaris (terdapat pada belakang pipi)

. Sinus ethmoid (yang berada di antara mata)

. Sinus sphenoid ( Yangh berada jauh di belakang ethmoids)

Ciri-ciri anda terkena penyakit sinusitis

  1. Hidung akan mengeluarkan lendir yang berwarna hijau dan kuning

Pada saat anda terserang penyakit sinusitis gejala yang pertama akan di timbulkan ialah keluarnya ingus atau lendir yang berwarna hijau atau kuning. Walaupun hal ini gejala utama namun tidak semua ingus atau lendir yang berwarna hijau atau kuning merupakan gejala dari sinusitis.

Biasanya lendir yang berwarna hijau atau kuning terjadi apabila sel-sel darah putih yang di sebut neutrofil, yang dikirimkan oleh tubuh pada saat anda sedang mengalami influenza atau common cold. Sel-sel darah putih tersebut memiliki enzim yang berwarna kuning kehijauan.

Sehingga ketika neutrofil dikirimkan dalam jumlah yang berlebihan ke hidung otomatis akan mempengaruhi warna lendir tersebut. Anda harus mewaspadai jika mengalami gejala keluarnya lendir yang berwarna kuning kehijauan karena hal ini bisa jadi anda sedang mengalami sinusitis. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

2. Dahi dan wajah terasa sakit

Adanya rasa sakit pada bagian wajah dan dahi hal itu merupakan ciri-ciri bahwa anda sedang mengalami sinusitis. Ciri ini yang paling sering muncul karena pada daerah ini sinus berada, sehingga pada saat sinus ini terganggu maka wajah dan dahi anda akan terasa sakit semacam nyeri yang kadang hlang dan muncul.

Namun jika di teliti lebih dalam rasa nyeri ini juga akan muncul di antara mata, kedua sisi hidung, rahang atas, nyeri di belakang mata, di bagian rahang depan, di puncak kepala dan di area tengkuk.

3. Sesak nafas

Hidung anda akan tersumbat pada saat mengalami sinusitis hal inilah yang menyebabkan sulit untuk bernafas. Hal ini terjadi karena adanya infeksi atau peradangan yang terjadi pada ingus yang menyebabkan pembengkakan pada sinus dan hidung bagian dalam.

4. Kepala terasa sakit

Sinusitis juga dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala. Hal ini di karenakan adanya tekanan yang tinggi dan pembengkakan pada area sinus secara terus menerus yang kemudian dapat menyeluruh pada seluruh bagian tengkorak sehingga dapat mengakibatkan anda sakit kepala.

Tidak hanya merasakan sakit pada kepala anda juga akan merasakan sakit pada bagian tubuh lainnya misalnya pada bagian telinga, gigi, rahang, dan pipi. Anda akan mersakan sakit kepala yang berat pada pagi hari karena cairan yang telah terkumpul pada malam harinya.

5. Batuk

Ingus atau lendir yang mengalir ke bagian belakang tenggorokan bisa menyebabkan anda menjadi batuk. Hal ini disebabkan adanya irirtasi terutama kondisi ini terjadi berkepanjangan. Keadaan inilah yang akan menyebabkan anda menjadi batuk yang terus-menerus.

Dan biasanya batuk yang di sebabkan sinusitis lebih sering di alami pada malam hari yang akan membuat anda sulit untuk tidur. Gunakanlah posisi tidur setengah duduk dengan kepala tegak untuk mengurangi rasa sakit karena batuk dan mengurangi itensitas batuknya.

6. Tenggorokan menjadi sakit

Gejala berikutnya yang akan anda alami ketika menderita sinusitis aialah tenggorokan akan terasa sakit. Keadaan ini bisa terjadi karena potanal grif atau keluarnya ingus yang dapat mengakibatkan tenggorokan menjadi meradang dan terasa sakit. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

Tenggorokan akan terasa gatal pada awalnya namun jika di biarkan tanpa menanganinya bisa menyebabkan tenggorokan menjadi iritasi dan membuat tenggorokan menjadi lebih sakit.

7. Daya pengecap berkurang

Anda akan mengalami penurunan daya mengecap karena ingus yang akan membuat beberapa bagian dalam tengkorak meradang, terutama di sekitar bagian wajah. Sehingga indera perasa mengalami peradangan yang akan membuatnya kurang dalam sensitivitas dalam mengecap rasa. KOndisi ini bisa terjadi karena adanya perdangan pada bagian pengecap.

8. Daya penciuman akan berkurang

Tidak hanya daya pengecap yang menurun anda juga bisa mengalami penurunan daya penciuman pada saat menderita sinusitis. Hal ini terjadi karena adanya peradangan yang secara terus menerus yang akan mempengaruhi bagian sinus. Kemudian akan menggangu bagian hidung seperti hidung tersumbat, yang mengakibatkan anda berkurang dalam daya penciuman. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

9. Demam

Gejala demam pada penderita sinusitis sangatlah jarang terjadi. Namun jika anda mengalami sinusitis akut maka akan mengalami gejala demam ini. Demam ini terjadi karena adanya perlawanan dari tubuh untuk melawan penyakit sinusitis. Yang mengakibatkan seluruh tubuh bereaksi dalam bentuk demam.

Penyebab penyakit sinusitis

  1. Virus

Penyebab utama yang paling sering menyebabkan penyakit sinusitis ialah virus. Karena virus dapat menyerang yang mengakibatkan influenza, dan virus ini akan berkembang pada rongga sinus yang akan membuat jaringan pada area sinus mengalami pembengkakan. Hal ini akan mengakibatkan lubang tidak akan berfungsi sebagai jalan udara. Keadaan inilah yang menyebabkan sebagian masyaraka menganggap bahwa penyakit ini adalah influenza.

2. Alergi

Sebagian besar masyarakat terkena penyakit sinusitis disebabkan oleh alergi. Karena reaksi alergi dapat mengembangkan sinusitis menjadi akut dan bahkan menjadi kronis. Pada area rongga sinus terdapat saraf sensitif yang mudah di serang oleh alerg. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

Gejala ini juga sangat mirip dengan influenza atau sinusitis yang diakibatkan oleh virus. Namun jika anda keluar lingkungan dan menghirup pemicu alergi seperti debu, bulu binatang maka anda akan langsung mengalami bersin dan hidung yang berlendir.

3. Bakteri

Walaupun jarang di temukan pada penderita sinusitis yang di sebabkan oleh bakteri. Tapi jika anda terkena bakteri pada bagian jaringan tubuh tertentu maka bisa memicu komplikasi yang dapat menimbulkan penyakt sinusitis.

Ada dua jenis bakteri yang sering di temkan pada penderita sinusitis yakni  bakteri Streptococcus pneumonia dan Haemophilus influenza. Namun bakteri ini lebih sering mengakibatkan infeksi pada paru-paru serta saluran pernafasan. Namun tidak menutup kemungkinan komplikasi yang muncul juga bisa menimbulkan sinusitis. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

4. Polusi udara

Anda akan mengalami hidung teriritasi apabila menghirup udara yang kotor seperti sisa bahan bakar kendaraan atau debu dan lainnya. Keadaan ini akan menyebabkan hidung anda menjadi berlendir dan akan mengalami batuk serta peradangan yang akan memicu timbulnya sinusitis.

Biasanya keadaan sangat tidak di perhatikan, karena sebagaian banyak masyarakat merasaa tahan dengan udara seperti ini sehingga mereka tidak sadar bahwa debu dan bahan kimia sudah masuk ke dalam saluran pernapasan yang akan menyebabkan peradangan pada rongga sinus.

Cara mengobati sinusitis

  1. KOmpres dengan air hangat

Aliran cairan dalam hidung akan terhambat apabila anda mengalami sinusitis yang berat. Keadaan ini akan menyebabkan anda merasakan sakit kepala yang sangat parah. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan cara dengan mengompres hidung dengan air yang hangat. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

Yaitu tuangkan air panas pada mangkuk atau panci kecil kenudian masukan kain atau handuk dan rendam rendamlah sebentar. Setelah itu barulah anda letakan kain atau handuk tersebut pada bagian hidung dan dahi. Tidak hanya itu anda juga bisa mencoba dengan teknik uap secara langsung dengan cara menghadapkan hidung pada air panas.

2. Melembabkan hidung

Anda bisa mengalirkan air secara langsung pada bagian dalam hidung untuk mengatasi sinsitis dengan cepat. Untuk melakukan cara ini anda membutuhkan alat yaitu neti pot. Dan alat ini berfungsi untuk mengalirkan air kedalam hidung secara bergantian. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

Gunakan garam untuk mencampuri air tersebut karena dapat membantu mengalirkan cairan di dalam hidung serta dapat mengurangi penyumbatan di dalam hidung. Namun cara ini bisa anda gunakan apabila mengalami sinusitis pada tahap awal.

3. Minum air jahe

Sudah sejak dari dulu sebagian banyak masyarakat Indonesia menggunakan jahe untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya bisa mengobati penyakit sinusitis karena di dalam jahe terdapat anti perdangan yang dapat menyembuhkan peradangan pada sinusitis.

Untuk membuat ramuan dari jahe anda hanya perlu menyiapkan satu ruas jahe atau biang jahe yang masih segar. Kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak dua gelas tunggu sesaat hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

Anda juga bisa menambahkan satu sendok madu murni untuk menambah khasiat dan lebih baik lagi minum ramuan ini dalam keadaan masih hangat. Jahe ini bermanfaat untuk mengurangi efek peradangan serta dapat membantu mengeluarkan cairan yang berlebih dalam tubuh. Bahkan sinusitis yang buruk juga bisa diatasi oleh jahe.

Cara mencegah Sinusitis

  1. Vaksinasi influenza

JIka anda ingin terhindar dari penyakit sinsitis bisa melakukan dengan cara vaksinasi influenza tahunan. Hal karena kaitan erat antara flu dan sinusitis apalagi ketika melihat bahwa gejalanya pun hampir mirip. Infeksi sinus dapat di cegah dengan vaksinasi fluenza karena vaksin ini akan memebrikan proteksi kepada anda dari 3-4 macam penyakit. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

Dua minggu adalah waktu yang di butuhkan agar vaksin bisa bekerja dan vaksin ini harus terus di berikan sampai sesudah berlalunya musim flu. Karena vaksin ini mampu memberikan perlindungan dengan menstimulasi reaksi daya tahan tubuh. Sehingga tubuh juga akan ototmatis mendorong untuk menghasilkan anti bodi agar dapat memberikan perlawanan terhadap virus influenza.

2. Sering-sering mencuci tangan

Sinus dan tangan memang berjarak cukup jauh namun bukan berarti tangan anda tidak bisa memicu timbulnya sinusitis. Pada saat anda mengalami pilek biasanya akan memicu timbulnya sinusitis ataupun reaksi alergi yang tak kunjung sembuh. Hal ini terjadi karena tangan yang keadaan dalam kotor akan membawa virus yang menyerang dan menginfeksi sinus.Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

 

post by: obat lipoma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *