Apakah Turun Berok Boleh Diurut

16 Okt

Apakah Turun Berok Boleh Diurut

Apakah Turun Berok Boleh Diurut

apakah turun berok boleh diurut

Apakah Turun Berok Boleh Diurut – Siapa saja bisa mengalami turun berok, baik bayi ataupun orang dewasa. Pada umumnya turun berok ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit.

Maka dari itu penting bagi anda, untuk mengetahui penyebab dan apakah turun berok ini bisa di urut ?

Turun berok atau dalam ilmu kedokteran di sebut dengan penyakit hernia bisa terjadi ketika suatu organ didalam tubuh menonjol keluar melalui celah pada otot atau jaringan penyangga didalam tubuh.

Biasanya turun berok ini bisa terjadi pada bagian perut, pusar, bagian atas paha, dan selangkangan. Apakah Turun Berok Boleh Diurut

Ciri-ciri turun berok

Bagi anda yang menderita turun berok biasanya akan merasakan adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu.

Benjolan pada turun berok ini terkadang bisa di dorong masuk kembali kedalam tubuh, tapi ada juga yang tidak bisa.

Benjolan tersebut akan terasa pada waktu anda berdiri, membungkuk, tertawa, mengejan ketika buang air besar atau batuk.

Timbulnya benjolan turun berok ini juga bisa disertai dengan rasa sakit, dan rasa sakit ini bisa muncul ketika tidak beraktivitas, ataupun ketika melakukan aktivitas tertentu, misalnya berjalan, membungkuk, berlari, atau mengangkat beban.

Sedangkan jika bayi menderita turun berok, biasnaya benjolan ini akan muncul ketika anak sedang menangis. Apakah Turun Berok Boleh Diurut

Perlu anda ketahui bahwa turun berok ini bisa terjadi apabila terdapat kelemahan pada otot atau bagian tubuh yang berfungsi untuk menyangga posisi organ di dalam tubuh.

Dan di bawah ini adalah beberapa gejala turun berok pada anak-anak dan orang dewasa diantaranya sebagai berikut:

Gejala turun berok pada anak-anak

  • Ternyata turun berok ini sangat mudah terjadi pada anak-anak, jika sejak sudak memiliki kelemahan pada dinding perutnya. Sehingga turun berok ini rentan terhadap anak atau balita yang menangis secara terus menerus. Batuk dan kebiasaan mengejan dengan memaksa pada saat fases sulit di keluarkan. Hal inilah yang bisa menimbulkan tekanan pada rongga perut dan dinding perut pun jadi meelmah sehingga mempengaruhi kekuatan otot pertu bagian bwah dan jaringan lunak pada bagian membran yang ada di ronghga perut.  Apakah Turun Berok Boleh Diurut
  • Tubuh sang bayi atau anak mengalami demam dan menggigil
  • Kesulitan untuk tidur
  • Keringat berlebih
  • Kesulitan kencing dengan lancar
  • Selain buang air kecil, anak anda juga akan kesulitan buang air besar selama lebih dari 2 hari
  • Adanya rasa sakit pada area kandung kemih

Gejala turun berok pada dewasa

  • Gejala utama yang akan anda rasakan ketika menderita turun berok ialah tubuh yang meriang dan demam
  • Otot serta tulang akan terasa pegal-pegal
  • Adanya rasa nyeri pada bagian paha atau lipatan paha bagian bawah
  • Pada saat anda batuk atau mengangkat beban perut, bagian bawah akan mengalami ketegangan dan sakit. Apakah Turun Berok Boleh Diurut
  • Kandung kemih terasa penuh dan seperti sedang di tekan dari dalam sehingga terasa tidak nyaman pada saat duduk
  • Kesulitan berjalan dan nyeri pertu bagian bawah ketika berdiri atau duduk terlalu lama
  • Timbul rasa sakit pada pertu bagian bwah ketika menjalani aktivitas seksual
  • Air seni keluar sedikit-sedikit dan terasa nyeri
  • Sementara pada wanita, terasa seperti ada yang keluar dari vagina

Apakah turun berok ini bisa diurut atau di pijat ?

Selain secara medis, ternyata turun berok juga bisa di sembuhkan dengan pengobatan tradisional, salah satunya ialah dengan pemijatan atau diurut. Berikut ini ialah cara pemijatan yang bisa dilakukan:

  • Sebelum memijat anda terlebih dahulu harus menyiapkan minyak pijat
  • Lebih baik anda di urut oleh orang yang ahli, supaya lebih aman
  • pertama Pijatan tersebut di lakukan pada bagian kaki, cukup dengan mengelus atau mengurutnya dengan ujung jari secara perlahan-lahan.
  • Ulangilah pemijatan ini pada sisi kanan dan sisi kiri
  • Pemijatan ini harus benar-benar pada titiknya

Pemijatan pinggang dan pantat

  • Pertama berikanlah tekanan pada saat mengambil sela-sela taju duri dan juga taju sayap agar memberikan rangsangan saraf-saraf untuk mengembalikan tonjolan lempeng yang mendorong kuat sumsum tulang belakang.
  • Lakukan pijatan tersebut dengan cara mengelus atau mengurutnya dengan ujung jari secara pelan-pelan Apakah Turun Berok Boleh Diurut

Pijatan di bagian perut

  • Titik pijatan ini terletak di bagian perut, yakni dari arah perut dan lipat perut, dorongan mengurut pada arah ke atas, menyilang serta menyamping
  • Tujuan utama dari pijatan itu ialah untuk mengembalikan posisi kantong kencing dan menarik urat penyangga supaya kembali kencang sehingga badan menjadi lebih rileks

Apa saja bahaya turun berok ?

# Sulit mempunyai keturunan

Bagi anda laki-laki jika mengalami turunnya suatu jaringan ke kantung zakar maka akan mengurangi produktivitas dan testis dalam memproduksi sperma.

Sehingga sebagaian besar laki-laki yang menderita turun berok, menghasilkan sperma yang tidak subur. Apakah Turun Berok Boleh Diurut

Selain pada laki-laki, turun berok pada wanita juga bisa mengurangi produktivitas dari sel telur karena jaringan yang terhambat oleh suatu tonjolan, meskipun biasanya seorang wanita mengidap hernia setelah ia hamil.

# Rasa tidak nyaman dan sulit berjalan

Perlu anda ketahui bahwa turun berok yang sudah parah akan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan ketika berdiri atau berjalan.

Terutama pada bagian selangkangan, ketika anda berdiri tonjolan tersebut seringkali terjepit atau bergesekan dengan paha. Tentunya hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi anda.

# Tidak bisa melakukan aktivitas yang berat

Jika anda sering melakukan pekerjaan yang terlalu berat, maka akan snagat rentan untuk mengalami turun berok.

Contohnya ketika anda mengangkat beban terlalu berat ataupun melakukan suatu pekerjaan tanpa jeda dan istirahat. Apakah Turun Berok Boleh Diurut

Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka bisa membuat otot-otot pada tubuh melemah, terutama otot di sekitar rongga perut.

Bagi anda yang sudah menderita turun berok, akan snagat kesulitan untuk kembali melakukan pekerjaan yang berat.

Bahkan anda yang sedang mengalami turun berok sangat dianjurkan untuk tidak terlalu banyak melakukan aktivitas.

# Terlalu sering mengkonsumsi obat

Sering mengkonsumsi obat-obatan merupakan hal yang sangat membahayakan untuk kesehatan anda.

Biasanya ketika mengalami turun berok anda akan mencoba berbagai macam obat supaya tidak harus melakukan operasi.

Bahkan ada sebagian penderita yang mengkonsumsi pain killer secara rutin supaya tetap bisa melakukan pekerjaan tanpa harus merasakan rasa sakit.

Hal ini tentunya sangat membahayakan untuk kondisi ginjal yang harus terus menerus memfilter darah, Apakah Turun Berok Boleh Diurut

supaya terpisah dari ampas-ampas obat yang dikonsumsi, bukannya menyembuhkan, namun akan memicu terjadinya penyakit ginjal.

# Sesak nafas

Sesak nafas biasnaya terjadi pada anda yang menderita turun berok hiatus, dimana turun berok ini masuk ke riongga dada melalui diafragma.

Kondiis tersebutlah yang bisa menyebabkan sesak nafas hingga pernafasan tidak teratur, bahkan nyeri di rangga dada.

Hal ini dikarenkaan diafragma akan mengalami penurunan fungsi sehingga alur pernafasan ke paru-paru sedikit tersendat. Terutama bagi anda yang sering melakukan pernafasan di perut.

# Kanker prostat

Bagi anda yang menderita hernia inguinalis nya sudah parah maka bisa menimbulkan infeksi ataupun kanker yang menyerang prostat.  Apakah Turun Berok Boleh Diurut

Apabila kondiis tersebut didiamkan maka akan semakin membahayakan kesehatan dan berisiko mengalami kemandulan permanen, impotensi, atau pembengkakan berlebihan pada prostat.

# Eksresi urin terganggu

Tidak hanya kanker prostat, anda yang menderita hernia inguinalis juga akan mengalami sering buang air kecil ketika menderita hernia.

Kondisi ini dapat terjadi karena kandung kemih sedikit terdorong atau bahkan terganjal sehingga pengeluaran urine akan sedikit tersendat.

 

# Kematian

Adanya organ atau jaringan yang terletak tidak pada posisinya akan menimbulkan berbagai macam masalah mulai dari peradangan, Apakah Turun Berok Boleh Diurut

infeksi, kanker, disfungsi organ, ataupun kerusakan-kerusakan lainnya. Hal ini akan menyebabkan tubuh anda menjadi rentan dan bisa menyebabkan kemtaian.

Meskipuan penyakit ini tidak meneybabkan kematian secara langsung, tapi hernia bisa memicu penyakit mematikan untuk menyerang tubuh.

Makanan yang baik untuk penderita turun berok

Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi

Bagi anda yang menderita turun berok sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti, gandum, beras merah, dan jenis kacang-kacangan yang snagat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan.

Buah-buahan

Anda juga harus rutin mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dan memperbaiki fungsi pencernaan.

Untuk itu konsumsi buah seperti pepaya, pisang, alpukat, dan juga nanas karena memiliki zat-zat yang baik bagi anda yang menderita turun berok. Tidak hanya itu saja buah-buahan juga snagat baik untuk penderita asam urat. Apakah Turun Berok Boleh Diurut

Sayuran

Tidak hanya buah-buahan anda yang menderita turun berok juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran secara rutin.

Terutama jenis sayuran hijau yang bisa memperbaiki fungsi saluran usus, karena banyak jenis sayuran yang memiliki kandungan zat yang bisa mengatasi sembelit sekaligus meredakan peradangan.

Selain itu sayuran juga sangat baik untuk anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah atau hipertensi.

Susu

Dengan meminum segelas susu, anda bisa memperkuat fungsi usus dalam perut dan mencegah munculnya konstipasi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ketika anda menderita turun berok.

Teh hijau

Selain susu anda juga bisa meminum teh hijau yang bisa menyeimbangkan makanan hernia karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan efektif dalam mencegah infeksi yang mungkin muncul dan bisa dijadikan sebagai obat herbal turun berok. Apakah Turun Berok Boleh Diurut

Minum air putih

Tak perlu di ragukan lagi khasiat dan manfaat dari minum air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya ialah bisa melancarkan proses pencernaan dan berbagai toksin serta bakteri yang berkembang biak penyebab infeksi bisa terbuang bersama proses metabolisme tubuh. Bahkan air putih juga sangat efektif untuk mencegah kambuhnya suatu penyakit.

Pantangan makanan untuk penderita turun berok

Makanan yang berlemak

  • Bagi anda yang sedang menderita turun berok, harus menghindari mengkonsumsi makanan yang berlemak. Hal ini dikarenkaan makanan berlemak bisa menyebabkan benjolan menjadi lebih besar dan infeksi yang susah di sembuhkan. Mka dari itu selain melakukan pengobatan, anda juga harus menjaga pola makan yang sehat.

 

  • Selain makanan berlemak anda juga harus menghindari makanan pedas
  • Jauhilah makanan dan minuman yang memiliki kandungan alkohol
  • Minuman bersoda dan makanan dan minuman yang memiliki kandungan kafein Apakah Turun Berok Boleh Diurut

post by: obatlipoma

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *