Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

30 Okt

Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

bahaya bergadang terus menerus untuk tubuh
bahaya bergadang terus menerus untuk tubuh

Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh – Sebenarnya begadang tidak akan menjadi masalah jika dilakukan hanya sesekali, namun jika begadang ini dilakukan secara terus menerus bisa membuat kondisi fisik serta mental menjadi lebih buruk.

Ketika anda tidur, tubuh akan memperbaiki kondisi fisik dan mental. Terutama pada usia remaja, tidur merupakan saat dimana tubuh melepas hormon pertumbuhan.

Hormon inilah yang nantinya akan membangun massa otot dan memperbaiki jaringan sel yang rusak.

Tidak hanya menyebabkan ngantuk berlebihan dan sering menguap, kurang tidur akibat begadang juga akan mempengaruhi kondisi emosi, kemampuan kognitif, dan otak yang tidak bisa berfungsi dengan baik. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Biasanya sebagian besar orang yang kurang tidur disebabkan oleh stress dan pekerjaan kantor yang di bawa ke rumah.

Perlu anda ketahui bahwa efek begadang pada tubuh bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit seperti yang di bawah ini:

Bahaya begadang untuk kesehatan tubuh

Kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh

Kebiasaan begadang ini bisa membuat tubuh dan mental anda menjadi lelah, hal ini dapat terjadi karena mereka di paksa bekerja secara terus menerus tanpa ada jeda waktu untuk beristirahat yang cukup.

Dan kelelahan tersebut akan berdampak pada gangguan kesehatan dan daya tahan tubuh akan menurun. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Tentunya hal ini akan membuat tubuh anda lebih rentan terhadap penyakit ataupun berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu, demam, infeksi paru-paru, infeksi usus, hepatitis dan lain sebagainya.

Sakit kepala

Begadang atau kurang tidur secara terus menerus bisa menyebabkan rusaknya sel otak sehingga dapat memicu gangguan pada kepala seperti pusing atau pun sakit kepala. Kondisi ini dapat terjadi karena otak kurang mendapatkan waktu untuk beristirahat.

Berat badan meningkat

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam setiap harinya,

cendrung lebih gemuk dibandingkan dengan orang yang memiliki pola tidur sehat yakni 7 sampai 9 jam perharinya.

Kurang tidur juga berhubungan dengan peningkatan nafsu makan dan bertambahnya rasa lapar. Maka dari itu bagi anda yang ingin menurunkan berat badan harus emnghindari begadang. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Kulit tampak lebih tua

Kurang tidur juga bisa memungkinkan kortisol yaitu sebuah hormon stress mengalami pelepasan yang lebih banyak dibandingkan dengan keadaan normal.

Hormon tersebut bersifat memcah kolagen pada kulit, padahal kolagen ini merupakan protein yang bekerja dalam menghaluskan kulit dan menjadikannya elastis.

Kurang tidur yang disebabkan begadang juga bisa menyebabkan mata bengkak dan kulit nampak pucat. Kebiasaan bagadang secara terus menerus akan menimbulkan efek kurang tidur kronis.

Sehingga akan menimbulkan garis-garis penuaan halus di wajah dan menjadikan kulit terlihat lebih kusam.

Apakah anda pernah mendengar istilah mata panda ? Mata panda ialah lingkaran gelap disekitar mata yang muncul akibat pelebaran pembuluh darah di balik kulit mata yang tipis.

Jadi faktor utama yang menimbulkan mata panda ialah kurang tidur akibat begadang.

Pelupa

Pada saat anda tidur, otak akan mengalami proses  “sharp wave ripples” yang bermanfaat untuk memperkuat daya ingat.

Selain itu proses ini juga akan memindahkan ingatan serta memori jangka panjang. Sehingga begadang ini akan menghambat semua proses ini dan akan meningkatkan rasa mengantuk, maka akhirnya anda menjadi seorang pelupa.

Supaya tidak mudah lupa dan sekaligus untuk meningkatkan kemampuan mengingat maka hentikanlah kebiasaan buruk tersebut. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Khususnya bagi anda yang masih disibukan dengan aktivitas sekolah dan bekerja, sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan tidur malam sebanyak 7 sampai 9 jam.

Menurunkan kemampuan berfikir

Tidak hanya menjadi pelupa, kurang tidur juga bisa mengurangi daya nalar, kemampuan memcahkan masalah, dan konsentrasi.

Bahkan kemampuan dalam memperhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaan juga akan mengalami penurunan.

Tentunya kondisi ini akan berakibat pada kecendrungan untuk sulit mengingat sesuatu yang sudah dilakukan atau di pelajari sebelumnya, dan akan kesulitan untuk belajar secara efisien.

Menurunkan kesuburan

Efek buruk begadang selanjutnya ialah menurunkan libido. Pada saat anda kurang tidur, tubuh menjadi kelelahan,

mengantuk, energi menjadi cepat habis, meningkatkan ketegangan, sehingga akhirnya menjadi kurang berminat pada hubungan intim.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa laki-laki yang menderita sleep apnea memiliki kadar testosteron yang rendah.

Depresi

Begadang secara otomatis akan memtong jam tidur anda di malam hari. Sebagian besar orang yang didiagnosis mengalami depresi dan kecemkasan ialah mereka yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Selain kekurangan tidur, begadang juga bisa mengarah ke insomnia yang snagat berkaitan dengan kondisi depresi.

Penyakit jantung dan stroke

Begadang yang dilakukan secara terus menerus juga bisa memicu timbulnya penyakit yang sangat mematikan.

Tidur malam yang kurang bisa mempengaruhi kesehatan jantung, jadi jika waktu tidur malam anda kurang dari 6 jam dapat mengakibatkan peradangan pada arteri yang berakibat risiko penumpukan plak pada yang menyumbat pembuluh darah anda menjadi meningkat.

Kondisi ini dapat terjadi karena meningkatnya kadar protein C-kreatif (CPR) dalam tubuh. Tidak hanya itu saja kurang tidur malam juga juga bisa menyebabkan gejala apnea,

dimana udara yang masuk kedalam paru-paru saat tidur melalui hidung dan mulut sangat sedikit jumlahnya.

Diabetes

Ternyata pola tidur juga akan berpengaruh pada kadar gula darah, hormon yang mengatur nafsu makan, serrta persepsi otak akan makanan berkalori tinggi.

Pada saat anda tidur, kadar gula tubuh akan menurun karena gula dalam tubuh banyak di pakai oleh hati pada proses detoksifikasi. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Selain itu kurang tidur atau begadang juga bisa mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, yakni hormon yang mengatur metabolisme serta berperan besar pada diabetes.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang tidurnya kurang dari lima jam pada malam hari akan berisiko tinggi untuk terkena diabetes.

Penyebab kanker

Begadang juga bisa mempengaruhi produksi hormon melatonin yaitu hormon yang memiliki pengatur utama dari seluruh hormon yang bermanfaat untuk mengatur serta memelihara irama sirkadian.

Secara perlahan kadar melatonin akan meningkat dan mencapai puncaknya tepat pada waktu tengah malam dan kemudian berangsr-angsur menurun hingga 2/3 malam.

Hormon tersebut akan membantu tubuh anda untuk memerangi sel-sel kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, penyakit parkinson, dan jantung aritmia. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Peran utama dari melatonin ini ialah mendorong aktifitas antioksidan secara optimal didalam tubuh sehingga bisa mencegah kerusakan DNA akibat ulah zat-zat karsinogenik penyebab kanker serta memberhentikan mekanisme pertumbuhannya.

Penyebab alzheimer

Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan risiko plak akibat adanya penumpukan protein di otak.

Kondisi tersebut diduga bisa mengakibatkan kerusakan sel otak, bentuk yang ada pada alzheimer dan biasanya tertimbun selama 10 sampai 15 tahun.

Cara agar cepat tidur di malam hari

  • Hindari makanan berkarbohidrat non-kompleks

Apabila anda menyadari bahwa kualitas tidur kurang, maka mulailah untuk memperhatikan asupan makanan harian. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Pada saat anda mengalami kurang tidur hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, lebih baik perbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Kandungan protein akan membuat tubuh anda tetap merasa segar, sementara karbohidrat akan membuat anda lebih mudah mengantuk ketika di siang hari.

Untuk itu cobalah sarapan dengan menu protein dan buah agar aktivitas anda tidak terhambat oleh rasa kantuk akibat begadang.

  • Batasi asupan kafein

Seperti yang kita ketahui bahwa kafein terkandung paling banyak pada minuman kopi. Kafein merupakan salah satu kandungan yang bisa membuat anda melek lebih lama.

Umumnya orang yang hendak begadang, akan memilih untuk mengonsumsi kopi. Hal ini dkarenakan mata anda akan terus melek saat meminum terlalu banyak kafein. Maka dari itu batasilah asupan kafein agar anda mudah tidur.

  • Menonaktifkan gadget 30 menit sebelum tidur

Ada beberpa pengaruh yang cukup positif dan negatif bagi anda yang menggunakan gadget setiap harinya. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Memang gadget ini merupakan saran bagi anda untuk menambah pengetahuan dan mendapatkan hiburan di kala stress.

Namun anda juga harus memperhatikan efek sampingnya yang bisa terjadi ketika menggunakan gadget setiap saat.

Ternyata pengaruh gadget bia cukup buruk terhadap kualitas tidur anda dan tentunya hal ini bisa menurunkan kualitas tidur tersebut.

Yang sebelumnya anda memiliki rutinitas tidur malam hari baik, bisa menjadi terganggu karena ada rasa ingin memainkan gadget secara terus menerus.

Maka dari itu anda snagat dianjurkan untuk melepaskan diri dari gadget 30 menit sebelum tidur agar anda bisa tidur lebih cepat.

Pada saat anda jauh dari gadget, secara otomatis pikiran menjadi lebih tenang dan anda bisa mencoba untuk memejamkan mata dan tanpa waktu lama anda pun tertidru pilas.

  • Mematikan lampu

Cara selanjutnya ialah dengan mematikan lampu sebelum tidur, karena pencahayaan kamar tidur yang terlalu terang bisa menjadi pengganggu untuk bisa tidur.

Ketika lampu dimatikan, suasana kamar akan menjadi lebih nyaman, rileks dan tenang. Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

Selain itu kualitas tidur anda dijamin menjadi jauh lebih baik karena pada dasarnya tidur dimalam hari dengan lempau menyala terang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Ternyata lampu yang dibiarkan terang benderang ketika tidur justru bisa menaikan risiko kardiovaskular, penyakit kanker, diabetes, hingga gangguan metabolisme tubuh.

  • Memakai penutup mata

Ketika anda mengalami sulit tidur jangan diabaikan, atau malah memanjakannya dengan sengaja menonton TV, bermain games atau menggunakan gadget.

Untuk mengatasi kondisi tersebut anda bisa menggunakan penutup mata yang bermanfaat untuk mencegah terkenanya cahaya 100 persen.

Tujuan utama dari pemakaian penutup mata ialah untuk mengirimkan rangsangan ke otak supaya proses istirahat tubuh serta pikiran bisa lebih maksimal.

Meskipun lampu sudah dimatikan semua tapi masih ada tetap cahaya yang asalnya dari luar, gunakan saja penutup mata sebagai solusi dan anda akan cepat tertidur pulas.

  • Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol merupakan musuh nyata bagi anda yang ingin tidur dengan nyenyak dan cepat.

Ada sebagian orang yang tidak menyadari bahwa alkohol bisa menjadikan seseorang sulit untuk tidur, maka dari itu hindarilah mengonsumsi minuman beralkohol.  Bahaya Bergadang Terus Menerus Untuk Tubuh

 

post by: obat lipoma

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *