Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

27 Okt

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

bahaya mengkonsumsi makanan berlemak berlebihan
bahaya mengkonsumsi makanan berlemak berlebihan

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan – Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi memang cendrung lebih enak untuk di santap. Bahkan rasanya yang nikmat bisa membuat anda ketagihan untuk sering mengkonsumsinya,

namuan makannan yang berlemak ini jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu terjadinya berbagai ganguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi.

Dan berikut ini ialah beberapa bahaya jika mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan, diantaranya sebagai berikut:  Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

  • Kolestrol tinggi

Efek buruk pertama dari mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan ialah meningkatnya kadar kolestrol jahat di dalam darah.

Apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka didalam pembuluh darah akan terjadi penumpukan plak yang bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan yang jauh lebih berbahaya seperti penyakit jantung atau bahkan serangan stroke.

  • Obesitas atau berat badan berlebih

Perlu anda ketahui bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak bisa berdampak pada meningkatnya berat badan sehingga anda akan berisiko tinggi untuk terkena omasalah obesitas.

Padahal seperti yang kita ketahui bahwa obesitas bisa memicu terjadinya berbagai penyakir seperti kanker, diabetes, gangguan jantung, dan lainnya.

  • Nyeri sendi

Mengonsumsi makanan yang berlemak secara berlebihan juga bisa menyebabkan anda mengalami nyeri pada persendian. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Kondisi ini dapat terjadi karena lemak dalam tubuh dapat membuat aliran darah kurang lancar sehingga nyeri sendi akan sering terjadi.

  • Menurunnya pencernaan

Ternyata banyaknya lemak yang masuk dlam tubuh bisa membuat perut anda memiliki kadar asam yang berlebihan.

Kondisi ini tentunya juga akan berdampak pada menurunnya fungsi saluran pencernaan di perut.

  • Mudah lupa dan mempengaruhi suasana hati

Tidak hanya pencernaan, banyak mengonsumsi lemak juga akan berimbas negatif bagi fungsi kognitif dan fungsi otak secraa keseluruhan. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Bahkan senyawa di dalam otak juga menjadi lebih tidak seimbang sehingga pada akhirnya anda akan lebih mudah lupa serta juga memiliki mood yang naik turun.

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi

Daging babi

Daging babi merupakan salah stau jenis daging yang benyak mengandung lemak jenuh. Bahkan dalam 100 gram daging babi terdapat kandungan sekitar 15.80 gram lemak jenuh dan itu adalah jumlah lemak jenuh dalam daging babi yang belum di olah.

Sedangkan jika sudah di masak maka kandungan lemaknya akan meningkat.

Selain itu kadar lemak yang tinggi juga terdapat dalam minyak babi yang di hasilkan dari daging babi, maka dari itu anda harus berhati-hati ketika mengkonsumsi daging babi.

Daging sapi

Ternyata daging sapi juga termasuk dalam jenis daging merah yang memiliki banyak kandungan lemak jenuh.

Biasanya daging sapi ini diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti steak, bakso atau yang lainnya. Lemak jenuh ialah bagian daging yang berwarna putih dan di temukan pada serat daging.

Lemak jenuh tersebut sama sekali tidak bisa dimasak hingga matang sebab sulit untuk di pecah oleh panas. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Memang daging sapi ini dibutuhkan oleh tubuh anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tapi harus dalam porsi yang terbatas. 52,3 gram lemak jenuh bisa anda dapatkan dalam daging sapi sebanyak 100 gram.

Olahan daging panggang

Semua jenis daging merah yang di panggang akan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Biasanya beberpa daging panggang yang paling sering di temukan berbahan dari daging sapi, daging ayam, daging bai dan daging kalkun.

Semua jenis daging ini memiliki kandungan lemak jenuh. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kandungan lemak jenuh ialah dengan mengurangi pemakaian mentega dan minyak.

Paha ayam

Apabila anda sedang mengkonsumsi ayam maka pilihlah bagian ayam yang memiliki kandungan lemak jenuh sedikit. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Bagian paha ayam cendrung memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Pada 300 gram daging paha ayam dengan kulit mengandung sekitar 6,9 gram lemak jenuh.

Krim susu

Bagia anda yang sering menggunakan krim susu untuk membuat kue, salad atau jenis makanan lainnya mulai sekarang harus berhati-hati.

Karena dalam proses pembuatan krim susu cendrung menggunakan sebagian lemak jenuh yang terdapat dalam susu.

Biasanya krim susu digunakan untuk membuat kue, namun anda masih bisa mengonsumsi krim susu yang rendah lemak.

Keju

Keju merupakan slaah satu produk olahan dari susu yang memanfaatkan kandungan lemak murni.

Pada saat susu di masak maka akan menghasilkan endapan lemak jenuh, lalu kandungan lemak tersebut akan dipadatkan serta di fermentasi. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Selain itu proses ini juga akan meningkatkan kandungan lemak jenuh dalam keju. Bahkan didalam 100 gram keju terdapat kandungan setidaknya 18,86 gram lemak jenuh.

Susu

Susu adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi baik oleh orang dewasa ataupun anak-anak.

Didalam susu terdapat kandungan zat besi dan kaslium yang bermanfaat untuk membantu mempertahankan kepadatan tulang.

Tapi jenis susu yang sudah diolah akan memiliki kandungan lemak yang tinggi. Terkadang lemak jenuh pada susu bisa membuat anak-anak menjadi gemuk, untuk menghindari lemak jenuh pada susu maka anda bisa mengkonsumsi susu rendah lemak.

Mentega

Ternyata mengonsumsi semua jenis makanan yang mengandung mentega atau mentega murni bisa meningkatkan kadar kolestrol.

Bahkan mentega ini memiliki kandungan jenis lemak jenuh yang sangat berbahay jika dikonsumsi secara berlebihan.

Memang efek lemak jenuh pada mentega tidak akan muncul secara langsung, tapi lama kelamaan lemak dalam mentega bisa menyebabkan obesitas, risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit kanker. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Minyak sawit

Minyak goreng yang di hasilkan dari pohon sawit merupakan jenis minyak yang paling sering digunakan untuk menggoreng serta memasak makanan.

Tidak hanya itu minyak sawit juga sangat mudah untuk didapatkan karena menjadi minyak yang snagat umum.

Tapi mengkonsumsi semua jenis makanan yang mengandung minyak sawit akan meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh.

Minyak sawit ini memiliki kandungan sekitar 55 persen lemak jenuh yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis minyak lainnya.

Sehingga mengkonsumsi makann yang di goreng dengan menggunakan minyak sawit bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kelebihan berat badan.

Mayones

Biasanya mayones ini digunakan untuk membuat salad atau jenis makanan lainnya, memang mayones ini mudah untuk kita dapatkan. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Tapi mayones ini memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi sehingga berbahay untuk kesehatan.

Seperti yang kita ketahui bahwa lemak jenuh yang tinggi bisa meningkatkan jumlah kalori dari makanan.

Dalam satu sendok mayones terdapat sekitar 1,5 gram lemak jenuh. Jumlah lemak total sekita 9,8 gram dan tentunya hal ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tidak hanya itu terlalu sering mengonsumsi mayones juga bisa meningkatkan berat badan dan menaikan kara kolestrol serta dapat memicu terjadinya penyakit tekanan darah tinggi.

Coklat hitam

Semua jenis makann yang mengandung coklat atau coklat murni sangatlah lezat, namun coklat memiliki kandungan lemak jenuh.

Dalam setiap 100 gram coklat yang sudah di masak memiliki kandungan lemak jenuh sekitar 32,4 gram, Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Sehingga mengonsumsi coklat secara berlebihan bisa mengancam kesehatan anda. Bahaya mengonsumsi coklat berlebihan yang paling sering terjadi ialah meningkatkan berat badan dan kandungan kolestrol dalam tubuh.

Bahkan lemak jenuh yang terdapat dalam coklat bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 dan kerusakan gigi.

Ikan sarden

Biasanya ikan sarden ini diolah menjadi makanan kaleng yang juga memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Ikan sarden ini terkenal sebagai salah satu ikan yang memiliki banyak kandungan minyak. Bahkan ketika di masak kandungan lemak dan minyak pada ikan sarden akan keluar serta membuat rasnaya semakin lezat.

Anda sangat tidak dianjurkan untuk meninggalkan ikan sarden sebagai sumber nutrisi, tapi konsumsilah dalam jumlah yang terbatas.

Didalam ikan sarden juga terdapat kandungan omega-3 yang sangat baik untuk ingatan serta mempertahankan sistem kkebalan tubuh.

Kacang brazil

Kacang brazil memiliki cangkang yang cukup keras dan bisa di makan ketika masih mentah. Tapi terlalu banyak mengonsumsinya dapat menimbulkan beberapa efek yang berbahay untuk kesehatan tubuh. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Dalam 100 gram kacang brazil terdapat kandungan lemak jenuh sekitar 19 gram. Sehingga mengonsumsi kacang ini secara berlebihan menyebabkan naiknya kolestrol dalam tubuh, penyakit jantung, dan penyakit tekanan darah.

Kentang goreng

Kentang goreng merupakan salah stau jenis makanan cepat saji yang banyak di sukai oleh semua orang.

Tapi kentang goreng ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit berbahaya untuk tubuh. Kentang ini sudah memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan lembut,

nah penggunaan minyak goreng inilah yang akan meningkatkan kandungan lemak jenuh, apalagi jika anda mengolah kentang yang beku.

Makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan

  1. Buah alpukat

Didalam buah alpukat terdapat kandungan 70 persen lemak yang di sebut dengan oleic acid. Kandungan lemak tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung dan bisa membantu meringankan gejala osteoarthritis. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Tidak hanya itu buah alpukat juga memiliki kandungan kalium dan serat, bahkan ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa alpukat bisa membantu menurunkan kadar lemak jahat, dan meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji bunga matahari, dan wijen memiliki kandungan lemak yang bisa mengurangi kadar kolestrol.

Biasanya lemak yang berasal dari tumbuhan lebih baik daripada lemak yang berasal dari hewan.

Umumnya lemak jahat ini bseasal dari daging-dagingan, produk susu, dan beberapa jenis makanan kemasan.

Maka dari itu anda harus selalu memperhatikan label pada makanan untuk melihat jenis lemak dan berapa banyak lemak yang terkandung didalamnya. Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Ada baiknya anda membatasi konsumsi lemak jenuh dan hindarilah mengonsumsi lemak trans.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan tubuh anda, misalnya kacang kedelai mengandung omega-3 yang selain juga bisa membantu mengatur mood.

Sedangkan kacang kenari memiliki kandungan lemak yang baik untuk jantung. Tidak hanya itu saja kacang-kacangan juga kaya akan kandungan vitamin E serta magnesium.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan orang yang rutin mengkonsumsi kacang-kacangan akan cendrung lebih sehat dan terhindar dari obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2,

Namun anda harus menghindari mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, porsi yang dianjurkan ialah sekitar 30 gram, atau kira kira tujuha kacang kenari, 24 kacang almond, 35 kacang tanah, atau 18 kacang mete.  Bahaya Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

 

post by: obatlipoma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *