Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

22 Okt

Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

bintik merah bernanah pada bayi baru lahir
bintik merah bernanah pada bayi baru lahir

Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir – Bintik merah pada kulit sang bayi bisa menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan terutama bagi anda yang baru mmepunyai anak.

Biasanya bintik merah ini akan membuat bayi anda merasa gatal yang tak tertahankan, bahkan bintik merah itu bisa bernanah.

Bayi yang belum mampu menyampaikan apa yang di rasakannya dengan kata-kata, maka akan menjadi rewel dan bisa menangis tanpa henti.

Sangat berbeda dengan kulit orang dewasa yang tebal, kulit bayi masih relatif tipis dan sensitif. Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

Karena pada kulit bayi struktur kelenjar minyak masih belum berkembang secara sempurna, sehingg lebih rentan terhadap iritasi, alergi ataupun infeksi.

Banyak faktor yang bisa memicu terjadinya bintik merah pada bayi, diantaranya sebagai berikut:

Faktor yang bisa menyebabkan bintik merah pada bayi ?

# Biang keringat

Biang keringat biasanya akan menimbulkan bintik-bintik merah pada tubuh bayi dan beberapa bagian tertentu seperti punggung, jidat, leher, dan bagian lainnya.

Hal ini bisa terjadi karena adanya sumbatan pada bagian pori-pori kulit bayi yang disebabkan oleh sistem untuk mengatur suhu tubuh bayi belum berkembang secara sempurna.

Keadaan tersebutlah yang menyebabkan produksi keringat pada bayi belum berjalan dengan lancar, apalagi jika tinggalnya di suhu yang panas akan membuat bayi cepat kegerahan.

Jika abyi anda mengalami biang keringat, maka anda harus teliti dalam memperhatikan pemakaian baju untuk si bayi. Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

Usahkan untuk tidak memakaikan baju yang berlapis-lapis dan baiknya lebih selektif dalam memilih bahan pakaian untuk buah hati anda.

Jangan menggunakan jenis bahan pakaian yang tidak menyerap keringat seperti nolin. Namun anda harus memilih bahan pakaian yang baik seperti yang terbuat dari katun.

Dan berikanlah bayi anda pakaian yang nyaman dan tidak terlalu sempit ketika digunakan agar mengurangi panas berlebihan terhadap tubuhnya.

Tidak hanya itu anda juga harus membersihkan tubuh dan wajah bayi dari keringat yang menggenang dengan cara menyeka bagian tersebut dengan menggunakan lap basah atau dengan tisu yang lembut secara perlahan.

Selain itu pastikan kamar bayi anda memiliki sirkulasi udara yang baik, supaya tidak merasa kepanasan dengan didalam ruangannya.

# Bakat alergi, faktor genetik

Alergi merupakan salah satu faktor yang paling umum pemicu terjadinya bintik-bintik merah pada bayi.

Bahkan alergi kulit ini sering terjadi pada bayi yang sangat rentan terhadap reaksi alergi. Jika anda dan pasangan memiliki riwayat alergi, maka risiko yang sama bisa dialami oleh bayi anda.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang tua yang memiliki alergi kulit, bisa meningkatkan risiko alergi terhadap anaknya sebesar 40 sampai 60%. Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

Namun jika salah satu orang tua saja yang mengalami alergi maka kemungkinan bayi anda memiliki bakat atau risiko alergi lebih kecil yaitu sebesar 25 hingga 40 persen saja.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit alergi ini hanya mengenai anak yang memiliki bakat alergi atopik.

Jika tidak terdapat riwayat alergi pada keluarga si bayi, tapi bayi anda tetap memiliki risiko terkena alergi 5 hingga 15 persen.

Bayi yang menderita alergi akan sangat rentan untuk terkena gangguan kulit, salah satunya ialah timbul bintik-bintik merah pada kulit.

Sedangkan pada reaksi alergi yang tergolong parah, biasanya yang muncul tidak hanya bintik-bintik merah, namun juga bisa berupa bengkak yang timbul di bagian kulit si bayi.

Bintik-bintik merah yang timbul pada kulit bayi bisa disebabkan oleh penggunaan berbagai jenis produk yang tidak cocok,

adanya asupan makanan tertentu, alergi terhadap debu, tungau dan bahan lain yang merupakan alergi bagi sang buah hati.

Cara mengatasinya

Cara mengatasi kondisi ini ialah dengan menghindarkan si bayi dari sumber pencetus alergi.

Jika bayi anda mengalami reaksi alergi setelah berdekatan dengan debu dan tungan maka hindarkan bayi anda, supaya tidak terpapar dengan alergen jenis ini.

Tidak hanya itu anda juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan terutama ruangan yang di tempati oleh bayi.

Namun jika bayi anda alergi terhadap beberapa bahan tertentu, maka sebaiknya segera menghentikan penggunaan terhadap barang-barang tersebut dan gantilah ke produk yang aman untuk kulit bayi.

Jika anda ingin mengetahui apakah bayi mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu, Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

maka anda harus memperhatikan reaksi yang muncul pada kulit bayi setelah penggunaan barang-barang tertentu.

Sedangkan bila si bayi alergi dengan makana, maka anda harus teliti dalam memilih serta mengetahui jenis makanan apa yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi guna menghindari alergi yang akan di alaminya.

# Eksim bayi

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, kondisi gangguan kulit seperti eksim juga bisa dialami oleh bayi.

Eksim pada bayi ini lebih dikenal dengan sebutan eksim susu, akan tetapi keadaan ini bukan berarti timbul akibat pemberian ASI.

Perlu anda ketahui bahwa sisa ASI, susu formula, makanan bayi yang dikonsumsi atau air liur yang menempel pada tubuh bayi, jika tidak segera di bersihkan maka bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit bayi.

Umumnya reaksi ini akan bereaksi terutama pada bayi memiliki riwayat alergi faktor keturunan atau genetik.

Jika anda sudah tahu bahwa bayi memiliki riwayat alergi, maka jauhkanlah dirinya dari bahan alergen yang akan mengiritasi bagian kulitnya.

Seperti, langsung membersihkan wajah bayi setelah di berikan ASI, atau segera lap bagian mulut dan lehernya setelah di berikan makan.

Dan mandikanlah bayi anda sebanyak 2 atau 3 hari sekali serta keringkan kulitnya dengan cara di tepuk-tepuk secara lembut. Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

Anda juga sangat dianjurkan untuk mengoleskan salep atau krim, namun harus menghindari penggunaan pewangi atau pelembut pakaian ketika mencuci.

Jika eksim pada bayi anda tak kunjung membaik, maka segeralah bawa ke dokter supaya mendapatkan pengobatan yang tepat.

# Jerawat bayi

Jerawat pada bayi merupakan bagian dari sisa hormon yang masih terbawa sejak masih berada dalam kandungan anda.

Biasanya timbul bintik-bintik merah ini akan disertai dengan benjolan tengah yang runcing seperti pada jerawat orang dewasa.

Cara mengatasi kondiis ini ialah dengan rajin membersihkan wajah bayi serta mengeringkannya dengan baik.

Tidak hanya itu usakanlah untuk menggunakan handuk bayi yang berbahan lembut serta hindari kebiasaan memencet jerawat si kecil.

Selain bisa menimbulkan rasa sakit pada bayi, memencet jerawat juga bisa menyebabkan iritasi dan infeksi yang cukup parah.  Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

Pada umumnya jerawat ini timbul pada bagian pipi, dagu, dan juga pada bagian dahi.

Kondisi ini sebenarnya tidak perlu penanganan yang berarti sebab bisa menghilang dengan sendirinya ketika si bayi berusia 3 bulan. Maka dari itu anda harus merawat kondisi ini secara perlahan-lahan dan teliti.

# Ruam popok

Faktor selanjutnya yang bisa memicu terjadinya bintik-bintik merah pada kulit bayi ialah ruam popok akibat kualitas popok yang tidak baik atau penggunaan popok yang terlalu sempit bagia bayi anda.

Jika anda tidak segera mengtasi ruam popok, maka bisa menyebbakan kondiis yang parah seperti bintik-bintik kecil yang melepuh serta akan pecah. Jika bintik tersebut sudah pecah maka bayi anda akan snagat rentan terhadap infeksi.

Cara mengatasi kondisi ini ialah dengan segera mengganti popok bayi dengan merk lainnya yang lebih aman dan baik. Anda juga harus memperhatikan ukuran popok yang pas untuk bayi.

Walaupun pada kemasan tertera ukuran yang di atur berdasarkan berat si bayi, ada kalanya ukuran tersebut tidak menjamin muat dengan ukuran bayi anda. Maka dari itu anda harus menyesuaikan ukuran yang pas agar si kecil merasa nyaman.

# Virus

Penykit kulit selanjutnya yang sering menyerang pada bayi ialah roseola infantum atau campak. Kondisi ini bisa terjadi akibat virus jinak yang menyebar melalui percikan ludah penderita misalnya ketika imunisasi du rumah sakit. Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

Gejala utama yang akan di rasakan oleh bayi anda ketika menderita penyakit ini ialah demam tinggi hingga mencapai 39,5 derajat celsius selama beberapa hari.

Selain itu kondisi ini juga akan disertai dengan rewel, kehilangan nafsu makan, serta cepat mengantuk.

Jika demamnya sudah hilang maka akan muncul bintik merah pada kulit yang tidak bernanah, tidak gatal. Sedangkan pada campak bintik merah ini akan muncul ketika bayi mengalami demam tinggi.

# Kurap

Kurap merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Biasanya kondisi ini akan membuat kulit nampak merah, berbentuk cincin, meradang dan tentunya akan terasa gatal.

Umumnya ruam ini muncul pada bagian kepala, kaki ataupun pangkal paha. Memang kurap ini bukanlah kondisi yang serius, bahkan kasusu yang ringan bisa diatasi dengan penggunaan krim anti jamur.

Kurap ini bisa ditularkan melalui kontak langsung dari kulit ke kulit atau menggunakan benda yang digunakan juga oleh penderita.  Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

# Meningitis

Pada umumnya bintik merah atau ruam pada bayi tidak berbahaya, tapi ada satu bintik merah pada kulit bayi yang harus diwaspadai, yaitu meningitis.

Meningitis merupakan radang pada selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang yang disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur.

Gejala awal yang akan di rasakan oleh bayi anda ketika mengalami meningitis ialah sebagai berikut:

  • Bayi anda menjadi tidak responsif
  • Pada leher dan tubuhnya menjadi kaku
  • Menjadi lebih rewel
  • Mengalami muntah
  • Kulitnya nampak pucat
  • Nafsu makan menurun atau tidak mau makan
  • Tubuh bayi demam dan lemas
  • Timbulnya ruam merah atau keunguan yang tidak memudar jika ditekan dengan gelas kaca
  • Adanya pembengkakan di ubun-ubun

Jika bayi anda mengalami kondiis ini maka segeralah untuk membawanya ke dokter atau ke rumah sakit karena kondisi serius yang berisiko tinggi menyebabkan kecacatan bahkan kematian.

# Milia

Ada sebagian bayi yang lahir dengan kondisi milia, yaitu suatu bintik-bintik putih yang timbul di bagian hidung, dagu, kelopak mata, dan pipi.

Milia ini dapat terjadi akibat pori-pori yang tersumbat oleh keratin, yaitu semacam protein yang di produksi oleh kulit. Milia ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Cara mengattasi kondiis tersebut anda hanya perlu membasuh secara lembut wajah bayi anda sehari sekali dengan air dan sabun bayi. Bintik Merah Bernanah Pada Bayi Baru Lahir

 

post by: obat lipoma

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *