Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

1 Nov

Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

cara membuat minuman jahe untuk ibu hamil
cara membuat minuman jahe untuk ibu hamil

Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil – Jahe merupakan salah satu tanaman obat keluarga (TOGA). Yang biasanya di tanam di pekarangan rumah bersama dengan tanaman lainnya.

Umumnya jahe ini sering di tanam bersama kencur, kunyit, dan yang lainnya. Selama ini jahe hanya di kenal sebagai obat herbal untuk mengatasi masuk angin dan juga mengobati keseleo.

Tidak hanya itu saja jahe juga memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk ibu hamil. Tapi ada beberpa mitos di masyarakat yang menyetakan bahwa ibu hamil dilarang mengkonsumsi jahe karena bisa membahayakan janin akibat dari rasa panas yang ditimbulkan.

Tentunya hal ini akan membuat ibu hamil ragu untuk mengkonsumsi rempah tersebut, namun anda tak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan membahas mengenai manfaat jahe untuk ibu hamil. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

Salah satu manfaat jahe untuk ibu hamil ialah bisa mengurangi morning sickness, untuk membuat ramuannya anda hanya perlu mencampurkan jahe dengan air hangat.

Jika anda bosen dengan ramuan ini, maka bisa mencoba membuat ramuan jahe dengan tambahan bahan alami lainnya seperti yang di bawah ini:

  • Jahe dengan tambahan lemon, madu dan daun mint

Pertama-tama anda harus mencampurkan potongan jahe sebesar ibu jari yang sebelumnya sudah di geprek, perasan air lemon sebanyak setengah sendok atau sesuai degan selera anda, tambahkan satu sendok madu, dan daun mint sebanyak tiga lembar yang sudah di cincang.

Anda juga bisa menambahkan jahe bubuk sebanyak setengah sendok teh, jika sudah tercampur rata minumlah ramuan,

Dan konsumsi ramuan tersebut secara rutin dan teratur dua kali dalam sehari yaitu pada waktu pagi dan sore hari guna memberikan kelegaan. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

  • Teh jahe

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa dengan meminum teh herbal jahe bisa membantu menyediakan nutrisi yang baik ke tubuh selama kehamilan.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang bisa membantu menurunkan tingkat kecemasan dan stress pada tubuh.

Bahkan dengan meminum teh jahe ini secara rutin dapat membantu mempersiapkan rahim untuk persalinan.

Untuk membuat ramuan ini anda harus menyediakan jahe sebanyak 1 sampai 2 inci, air tiga gelas, madu atau jus lemon dan teko teh.

Kemudian potonglah jahe tersebut menjadi beberpa bagian kecil atau baiknya dihancurkan hingga halus.

Lalu ambilah teko teh dan tuangkan air kedalamnya dan letakan di atas kompor dengan api sedang. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

Setelah itu rebuslah hingga beberpaa menit lalu masukanlah jahe yang dihancurkan atau dipotong.

Lalu saring dan tuangkanlah ramuan tersebut pada wadah, tunggu hingga beberapa saat supaya menjadi dingin, kemudian tambahkanlah madu atau jus lemon.

Minumlah teh jahe ini secara rutin dan teratur dua kali dalam sehari untuk menyingkirkan gangguan morning sickness.

Manfaat jahe untuk ibu hamil

  • Menurunkan tekanan darah

Tak jarang ibu yang sedang hamil memiliki tekanan darah yang tinggi, bagi anda yang mengalami hal tersebut bisa mengatasinya dengan menggunakan jahe.

Sebab jahe ini bisa merangsang pelepasan dari hormon adrenalin dan bisa melancvarkan pembuluh darah.

Selain itu dengan menggunakan jahe aliran darah bisa mengalir dengan lancar karena pembuluh darah yang lebar, dan pembuluh darah yang lebar bisa meringankan fungsi jantung.

Fungsi utama dari jantung ialah untuk memompa darah keseluruh organ di dalam tubuh.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Didalam jahe terdapat kandungan enzim lipase dan juga protease yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

Karena enzim tersebut bisa membantu dalam sistem pencernaan, yang fungsinya ialah untuk mencerna protein dan lemak dalam makanan sehingga sistem pencernaan menjadi lancar sehingga anda terhindar dari sembelit.

Selama ini banyak ibu hamil yang mengalami masalah kehamilan, salah satunya ialah susah BAB.

Dengan mengkonsumsi minuman jahe sebelum makan besar, anda yang sedang hamil bisa melancarkan sistem pencernaan dan menghindarkan dari sembelit.

  • Meredakan perut kembung

Umumnya anda yang sedang hamil muda akan mengalami perut kembung, kondisi ini biasanya diidentik dengan masuk angin.

Untuk mengatasi hal ini bisa mengkonsumsi jahe yang hangat dan kaya akan zat zingeron yang bermanfaat untuk meredakan perut kembung pada ibu hamil. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

  • Menghilangkan gas berlebih

Sebagian besar ibu hamil tidak menyadari jika makanan yang dikonsumsinya bisa menimbulkan gas didalam perutnya menjadi berlebih.

Tentunya hal ini akan menyebabkan ibu hamil merasakan perut yang begah dan penuh. Rasa begah ini bisa membuat anda menjadi tidak nyaman.

Gas berlebihan tersebut bisa diakibatkan oleh mengkonsumsi sayuran yang memiliki banyak kandungan gas seperti sayur kol.

Anda bisa menggunakan jahe untuk menghilangkan gas yang berlebih pada perut. Karena didalam jahe terdapat kandungan senyawa phenol yang bisa menghilangkan gas berlebih pada perut ibu hamil.

  • Menghilangkan mual

Ketika mengalami morning sickness biasanya ibu hamil akan merasakan mual dan muntah. Untuk mengatasi kondisi tersebut anda bisa mengkonsumsi jahe hangat di setiap pagi,

jahe ini memiliki kandungan minyak atsiri danb zat zingeron yang dapat menghilangkan mual ibu hamil.

Aroma minyak atsiri yang khas dapat membuat rasa mual ibu hamil menjadi hilang, sementara zat zingeron berfungsi untuk membuat perut menjadi lebih nyaman dan hangat.

  • Menghilangkan pusing

Tidak hanya itu ibu hamil yang mengalami morning sickness juga bisa merasakan pusing di pagi hari. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

Rasa pusing tersebut sangatlah tidak nyaman bagi anda yang sedang hamil, maka dari itu anda membutuhkan cara efektif untuk menghilangkan pusing pada ibu hamil.

  • Aroma terapi

Pada dasarnya aroma terapi ini memiliki sifat menenangkan dan melegakan, dan anda yang sedang hamil snagat membutuhkan suasan tenang dan pikiran yang lega,

Tapi sayangnya banyak ibu yang sedang hamil sering tidak emndapatkan ketenangan serta kelegaan.

Bagi anda yang ingin menciptkan ketenangan dan kelegaan bisa menggunakan jahe sebagai aroma terapi.

Cara membuatnya ialah dengan menumbuk jahe lalu seduhlah dengan menggunakan air panas, kemudian hiruplah dalam-dalam aroma dari jahe tersebut.

Aroma yang dihasilkan dari minyak atsiri tersebut bisa berfungsi sebagai aroma terapi yang melegakan dan menenangkan. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Didalam jahe juga terdapat kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Perlu anda ketahui bahwa sistem imun tubuh ini berguna untuk menangkal berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh.

Maka dari itu anda yang sedang hamil harus pintar menjaga kondisi tubuh, sebab jika kondisi tubuh anda tidak fit bisa mempengaruhi janin yang ada dalam kandungan.

  • Meningkatkan nafsu makan

Bagi anda yang sedang mengalami morning sickness, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman jahe hangat terlebih dahulu sebelum makan.

Hal ini dikarenakan jahe dapat meningkatkan nafsu makan selama kehamilan, terutama anda yang hamil mengalami morning sickness.

Ternyata kandungan zingeron yang terdapat dalam jahe bisa menambah nafsu makan dan menghilangkan rasa mual sehingga makan anda menjadi lebih nyaman.

  • Melindungi dari radikal bebas

Selama proses kehamilan anda yang sedang hamil akan sangat rentan terhadap radikal bebas. Pastinya anda sudah tahu bahwa radikal bebas ini bisa memicu terjadinya berbagai jenis gangguan dan masalah kesehatan. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

Tidak hanya itu radikal bebas juga akan membuat banyak toksin atau racun masuk kedalam tubuh.

Dan didalam jahe ini terdapat kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang ada disekitar ibu hamil.

  • Menghindarkan dari gangguan kehamilan

Banyak gangguan kehamilan yang bisa sjaa terjadi pada ibu hamil, dan gangguan kehamilan tersebut sering menyerang dan mendera ibu hamil.

Misalnya nyeri pada bagian punggung, pinggang dan juga perut. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menagtasi kondisi tersebut ialah dengan mengkonsumsi jahe hangat atau berbagai macam olahan jahe.

Didalamjahe terdapat kandungan senyawa yang bisa menghindarkan dan meredakan gangguan kehamilan pada ibu hamil.

Cara membuat ramuannya ialah dengan merebus jahe bersama dengan gula hingga mendidi lalu minumlah selagi hangat.

Manfaat jahe untuk kecantikan

  1. Melindungi kulit dari penuaan dini

Didalam jahe terdapat kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan racun dari tubuh.

Selain itu antioksidan inis angat penting untuk melawan radikal bebas penyebab wajah cepat keriput, Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

dan melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan seperti kulit kusam, garis halus, keriput, dan mmebuat kulit nampak muda. Dengan begitu jahe ini snagat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

2. Mengatasi jerawat dan noda

Bahkan jahe ini sangat baik untuk mengatasi gangguan jerawat dan noda karena didalamnya terdapat kandungan antiseptik.

Tidak hanya itu anda juga bisa menjadikan jahe untuk menghilangkan flek hitam di wajah yang timbul akibat jerawat.

Jahe juga berkhasiat sebagai pembersih kulit untuk membersihkan pori-pori serta membasmi bakteri penyebab jerawat.

Dengan menggunakan jahe anda juga bisa mengurangi peradangan pada kulit wajah serta membersihkan sel kulit mati.

3. Memutihkan dengan wajah dengan jahe

-Air mawar dan jahe

Anda bisa menggunakan jahe dengan tambahan air mawar untuk memutihkan wajah. Untuk membuat masker dari kedua bahan tersebut, pertama-tama anda harus menyediakan sepotong jahe sebesar ruas jari.

Kemudian parutlah jahe tersebut lalu saring untuk mendapatkan airnya, setelah itu campurkanlah satu sendok teh air jahe dengan dua sendok makan air mawar serta madu setengah sendok.

Aduklah ketiga bahan tersebut hingga menjadi rata, lalu gunakanlah kapas untuk mengaplikasikannya pada wajah, diamkan kurang lebih selama 20 menit dan basuhlah dengan menggunakan air hangat.

-Jahe dan air lemon

Untuk menggunakannya anda hanya perlu mengambil setengah cup gula, setengah cup minyak zaitun, dan dua sendok makan air perasan jahe serta dua sendok makan air perasan lemon.

Lalu campurkanlah semua bahan tersebut sampai rata, dan gunakanlah jari anda untuk mengoleskan scrub ini pada wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan ini dua kali dalam seminggu, selain pada wajah anda juga bisa menggunakan scrub ini pada kulit tangan dan kaki.

-Jahe dan madu

Kedua bahan tersebut sangat efektif untuk memutihkan kulit wajah anda secara alami, caranya ialah dengan memarut jahe sebesar ruas jari lalu ambilah airnya.

Setelah itu campurkanlah air jahe tadi dengan madu secukupnya.

Kemudian oleskan ramuan tadi pada kulit wajah secara merata dan diamkan selama 30 sampai 45 menit, lalu bilaslah dengan menggunakan air hingga bersih. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Ibu Hamil

 

post by: obatlipoma

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *