Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

10 Okt

Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

cara mengeluarkan kotoran telinga tanpa dikorek

Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek – Perlu anda ketahui bahwa membersihkan telinga dengan cotton bud atau di korek bisa membuat kotoran telinga makin terdorong kedalam saluran telinga.

Kotoran telinga atau  yang juga disebut sebagai serumen merupakan gumpalan lunak, yang di produksi alami dari kelenjar minyak di liang telinga.

Gumpalan tersebut memiliki fungsi sebagai pelindung telinga, seperti memerangkap debu, menghambat pertumbuhan kuman, dan menjaga supaya air tidak masuk ke dalam telinga.

Sebenarnya kotoran telinga ini tidak akan mengakibatkan masalah, jika jumlahnya tidak berlebihan. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Apabila jumlahnya berlebihan atau banyak, maka kotoran telinga bisa menyumbat telinga hingga menimbulkan rasa nyeri pada telinga dan gangguan pendengaran. Biasanya kondisi ini dikenal sebagai serumen prop, dan harus di bersihkan.

Jika dalam pembersihan telinga menggunakan metode yang salah, justru akan menyebabkan kotoran makin terdorong kedalam telinga.

Bahaya menggorek telinga

  • Liang telinga menjadi lecet

Memang menggorek telinga bisa menimbulkan rasa geligeli enak yang bisa bikin anda ketagihan untuk melakukannya lagi.

Karena sudah terlanjur ketagihan, anda pun tidak dapat lepas dari kegiatan yang mengasyikan ini. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa terlalu sering menggorek telinga bisa menyebabkan lecet pada bagian telinga.

Tidak hanya itu menggorek telinga terlalu kencang juga bisa memicu liang telinga menjadi lecet. Jika sudah lecet, maka masalah lainnya pun akan timbul, salah satunya ialah infeksi gendang telinga.

  • Sakit kepala yang luar biasa

Rasa sakit yang timbul akibat sering menggorek telinga, tidak hanya di rasakan oleh indera pendengaran tapi bagian kepala juga akan merasakannya.

Bahkan ganguan tersebut juga bisa berujung pada perubahan wajah yang menjadi tidak simetris akibat kerusakan saraf facialis yang terdapat dalam telinga.

  • Telinga ditumbuhi jamur

Struktir liang telinga yang terlindung dari cahaya matahari dan suhu yang lembab sering menkadi sasaran empuk untuk jamur berkembang. Tentunya hal ini akan menjadi semakin memburuk kalau anda sering mengkorek kuping.

Memang pada dasarnya gangguan tersebut tidaklah mengancam nyawa, tapi proses penyembuhannya tetap saja membutuhkan waktu yang cukup lama.

Mka dari itu anda harus menghindari membersihkan telinga sendiri di rumah, baik dengan menggunakan cutton bud ataupun alat lainnya, karena hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Apabila keadaan telinga sudah dirasa tidak nyaman, maka segeralah untuk memeriksakannya pada dokter yang terpercaya.

  • Indera pendengaran mulai menurun

Sebagiajn besar masyarakat beranggapan bahwa menggorek telinga bisa membuat kondisi bagian liang menjadi semakin bersih, padahal hal tersebut snagat salah.

Karena dnegan menggorek telinga akan mendorong earwax kebagian dalam. Semakin sering di bersihkan, justru liang telinga akan semakin keras memproduksi earwax.

Jika keadaan sudah seperti itu, maka keinginan untuk menggorek telinga tentu akan menjadi semakin sering. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Kondisi tersebutlah yang bisa menyebabkan indera pendengaran menurun karena sumbatan earwax yang menyebabkan gelombang suara tak bisa disalurkan dengan baik.

  • Gendang telinga mengalami kerusakan

Apabila anda merasa menggorek telinga dengan menggunakan cotton buds sudah aman, cobalah untuk teliti kembali.

Pasalnya, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa serabut-serabut kapas pada cutton buds seringkali menyebabkan gesekan halus dibagian liang telinga yang berujung pada kerusakan gendang telinga.

Tidak hanya itu terlalu dalam terlalu kencang menggorek telinga bisa menyebabkan gendang telinga pecah.  Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Cara alami membersihkan kotoran telinga yang aman dan benar

# Tahap persiapan

Ada tahap persiapan yang harus anda lakukan sebelum membersihkan kotoran telinga. Tahapan persiapan tersebut ialah memastikan bahwa telinga anda tidak atau belum pernah mengalami infeksi.

Karena membersihkan telinga yang sedang atau pernah mengalami infeksi bisa berakibat buruk pada telinga.

Bahkan hal tersebut bisa memicu terjadinya kerusakan pada gendang telinga. Maka dari itu jangan sakali-kali membersihkan kotoran telinga tanpa bantuan dari dokter jika anda mengalami, seperti yang di bawah ini:

  • Memiliki gangguan dengan pembersihan telinga sebelumnya
  • Pernah menderita kondisi dimana gendang telinga rusak atau robek
  • Pernah mengeluarkan cairan dari dalam telinga

Jika anda pernah mengalami riwayat-riwayat tersebut maka sebaiknya untuk membersihkan kotoran telinga dengan bantuan dari dokter sehingga tidak menimbulkan risiko yang membahaykan telinga.

Tapi jika anda belum pernah mengalami riwayat tersebut, maka bisa membersihkan kotoran telinga sendiir dengan menggunakan bantuan beberapa jenis bahan, diantaranya sebagai berikut:  Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

2. Larutan garam

Laruitan garam merupakan salah satu bahan antiseptik alami yang sangat bermanfaat untuk mengusir berbagai macam kotoran dan juga kuman penyakit.

Tidak hanya itu larutan garam juga bisa anda gunakan untuk membersihkan kotoran dalam telinga.

Caranya ialah dengan mencampurkan garam dan air hangat, tunggulah beberapa saat hingga garam benar-benar larut.

Setelah itu celupkanlah atau rendam bola kapas di dalam larutan garam, lalu berbaringlah dengan posisi yang miring. Obat Telinga Bernanah

Kemudian posisikanlah telinga yang kotor anda ke arah atau supaya pengaplikasian larutan garam lebih mudah dilakukan.

Ambilah bola yang sebelumnya telah di rendam, lalu teteskan larutan garam kedalam lubang telinga yang kotor atau tersumbat.

Cobalah dengan satu atau dua tetes larutan garam saja, hindari menteskan larutan garam terlalu banyak kedalam liang telinga.

Dan tunggulah hingga beberapa saat sampai gravitasi membawa larutan garam dan membasahi kotoran telinga. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Selanjutnya ialah mengubah posisi tubuh anda yaitu dengan memiringkan kepala ke arah yang berlawanan sehingga air garam dan kotoran keluar dari liang telinga.

3. Menggunakan minyak zaitun

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk membersihkan kotoran telinga ialah minyak zaitun.

Sampai saat ini minyak zaitun di percaya bisa menjaga kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit. Tak perlu di ragukan lagi khsiat dan manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan.

Karena didalamnya terdapat berbagai senyawa nutrisi yang baik seperti squalene, zat besi, kalsium, potassium, dan juga polifenol. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Minyak zaitun memiliki kandungan squalene yang tergolong tinggi dinatara jenis minyak nabati lainnya.

Senyawa tersebut ialah cairan eter organik yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga bahan baku insulin bagi anda yang menderita penyakit diabetes.

Perlu anda ketahui bahwa minyka zaitun juga sangat ampuh dalam membersihkan kotoran telinga.

Untuk menggunakannya, anda hanya perlu menyediaakan minyak zaitun lalu tuangkanlah pada mangkok kecil.

Setelah itu celupkan kapas ke dalam minyak zaitun lalu peraslah kapas tersebut supaya tidak emngandung cairan yang berlebihan.

Kemudian tempelkanlah kapas itu pada lubang telinga, dan tunggulah hingga beberapa saat kurang lebih selama 15 menit dan keluarkan.

Lakukanlah perawatan tersebut secara rutin dan teratur hingga kotoran didalam telinga berkurang. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Anda dinjaurkan untuk menggunakan minyak zaitun yang hangat sehingga kotoran didalam telinga lebih mudah di keluarka.

4. Hidrogen peroksida

Anda juga bisa menggunakan hidrogen peroksida untuk membersihkan kotoran di dalam telinga.

Pastikanlah supaya anda memilih jenis larutan hidrogen peroksida dengan kadar 3%, lalu campurkanlah pada air dengan perbandingan yang sama.

Lalu rendamlah bola kapas atau celupkan bola kapas kedalam larutan hidrogen peroksida tersebut.

Kemudian berbaringlah dengan memposisikan telinga yang kotor ke arah atas, hal ini bertujuan agar pengaplikasian larutan lebih mudah.

Tetskanlah larutan tersbeut dengan menggunakan bola kapas yang sebelumnya sudah di rendam. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Diamkanlah hingga beberapa saat agar gravitasi membawa larutan hidrogen peroksida membasahi kotoran didalam telinga. Pada tahap ini mungkin anda akan merasakan sensasi geli pada lubang telinga.

Dan miringkan kembali kelpaa anda, tapi arahnya berlawanan sehingga kotoran yang tercampur keluar dari lubang telinga.

5.Cuka dan alkohol

Cuka dan alkohol merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa anda guanakan untuk membersihkan kotoran didalam telinga. Khususnya bagia anda yang memiliki aktivitas sebagai perenang atau hobi berenang.

Untuk membuat ramuannya anda harus mencampurkan cuka dengan alkohol 70 persen dengan perbandingan yang sama. Dan rendamlah bola kapas tersebut dalam larutam cuka dan alkohol. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Sama halnya dengan cara yang sebelumhnya, anda juga harus memiringkan kepala dengan posisi telinga yang kotor menghadap ke atas.

Selanjutnya anda teteskan larutan itu ke lubang telinga yang kotor dengan menggunakan bola kapas yang sudah di rendam.

Tidak perlu banyak anda, cukup dengan beberapa tetes saja, dan tunggulah hingga beberapa saat sampai larutan alkohol dan cuka membasahi kotoran telinga.

Tahap selanjutnya ialah anda harus memiringkan kepala dengan arah yang berlawanan sebelumnya dan biarkanlah larutan pembersih dan kotoran keluar dari telinga.

6. Baby oil atau mineral oil

Cara membersihkan kotoran telinga dengan menggunakan baby oil, anda hanya perlu mengaplikasikannya secara langsung ke lubang telinga yang kotor.

Mrirngkanlah kepala anda dengan posisi telinga yang kototr mengarah ke atas , lalu teteskanlah baby oil ke lubang telinga. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Kemudian letakanlah kapas ke lubang telinga yang sudah di tetesi baby oil supaya cairan tidak menets lagi keluar telinga.

Setelah beberapa saat, ambilah penutup kapas pada lubang telinga dan miringkanlah kepala dengan posisi berlawanan. Hal ini akan membantu mengeluarkan kotoran dari dalam telinga.

Cara membantu melembabkan lubang telinga yang kering akibat kotoran, anda bisa menggunakan larutan garam pada suhu ruangan supaya kotoran lebih cepat lembab dan mudah untuk di keluarkan.  Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

7. Gliserin

Gliserin merupakan salah satu larutan yang tidak berwarna dan memiliki rassa manis. Ternyata larutan ini juga berkhasiat untuk membersihkan kotoran didalam telinga.

Caranya pun cukup mudah, yaitu denganmenteskan beberapa tetes gliserin ke dalam lubang telinga lalu tunggulah beberaap saat hingga kotoran didalam telinga menjadi lembab dan mudah di keluarkan.

Beberapa hal yang harus anda perhatika sebelum membersihkan telinga

  • Jauhi penggunaan benda runcing untuk mengeluarkan kotoran dan dalam lubang telinga karena cara tersebut sangat berisiko menyebabkan infeksi
  • Hindari menggunakan cotton buds untuk membersihkan telinga, karena hal tersebut akan membuat kotoran terdorong lebih dalam di liang telinga dan juga akan memicu terjadinya infeksi
  • Anda juga harus menghindari penggunaan treatment ear candling karena cara tersebut bisa mengakibatkan cedera serius pada telinga.

Dan itulah beberapa tips untuk memberihkan kotoran telinga secara aman, yang bisa anda lakukan di rumah.

Anda juga snagat dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan telinga, karena mengingat pernannya yang begitu vital untuk tubuh, yaitu sebagai indera pendengaran dan juga sebagai pusat keseimbangan. Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

 

post by: obat lipoma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *