Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

15 Okt

Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

senam untuk syaraf kejepit di leher

Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher – Senam merupakan salah satu cara untuk syaraf kejepit, hal ini merupakan alternatif alami yang paling minim efek sampingnya.

Maka dari itu ada baiknya anda mencoba melakukan senam terlelbih dahulu sebelum melakukan tindakan medis seperti melakukan saraf kejepit.

Apabila dengan senam, saraf kejepit bisa mereda tentunya akan lebih baik dan akan minim efek samping yang ditimbulkan. Karena senam ini merupakan kegiatan yang cukup mudah dan ringan untuk di lakukan. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Namun dalam melakukan gerakan senam tentunya tidak sembarangan, lebih baik anda menggunakan jasa pelatih profesional apalagi jika pemula dan tidak terbiasa melakukan aktivitas senam.

Perlu anda ketahui bahwa sneam ini bisa menghindari cedera dan memberikan manfaat optimal untuk tiap gerakan yang di lakukan.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat senam untuk saraf kejepit, tapi sebelum itu ada baiknya kita terlebioh dahulu mengetahui tentang penyakit saraf kejepit terutama di bagian leher.

Syaraf kejepit di leher

Gejala utama yang akan anda rasakan ketika menderita saraf kejepit di bagian leher ialah timbulnya rasa nyeri. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Jangan sekali-kali anda menganggap sepele penyakit saraf kejepit, apalagi jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan.

Dalam kondisi tersebut biasanya anda merasa tidak nyaman, karena tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

Tentunya hal ini bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak ataupun pada orang dewasa dan orang yang sudah lansia, meskipun memang orang yang sudah lansia mmeiliki risiko lebih besar untuk terkena saraf terjepit.  Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Apa yang menyebabkan saraf kejepit di leher ?

Leher merupakan salah satu bagian tubuh yang tergolong rentan untuk terkena saraf kejepit. Jadi saraf kejpit ini tidak hanya terjadi pada bagian punggung atau pinggang saja. Anda juga harus tahu bahwa saraf adalah bagian paling penting dari sistem saraf.

Adanya penekanan pada saraf, memungkinkan terjadinya penyumbatan atau pengurangan cairan neuron.

Apabila hal tersebut dialami maka degenarasi membaran pun terjadi sebagai akibatnya sehingga secara otomatis fungsi sel saraf dalam tubuh menjadi rusak.

Berikut ini ialah beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya saraf kejepit di bagian leher diantaranya sebagai berikut: Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Posisi tidur yang salah

Memang faktanya kita tidak bisa mengendalikan postur tubuh pada saat tidur karena tidak sadar.

Posisi tidur yang kurang nyaman atau salah posisi tidur bisa memicu terjadinya saraf kejepit di bagian leher.

Untuk itu anda harus memposisikan tubuh senyaman mungkin ketika hendak tidur, sehingg akan terjauh dari kemungkinan saraf kejepit.

Posisi duduk atau bekerja yang salah

Tidak hanya ketika tidur, anda juga bisa menderita saraf kejepit di leher karena salah dalam posisi duduk atau saat bekerja. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Kondiis tersebut bisa terjadi akibat terus-terusan berada pada posisi yang sama, caontohnya ialah posisi duduk terus di hadapan komputer pada saat bekerja.

Posisi yang sama dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan leher menjadi kaku sehingga ketika digerakan secraa mendadak kemunikinan saraf tidaklah dalam kondiis yang siap.

Posisi tubuh ketika bekerja sangatlah menentukan, maka dari itu anda harus memilih posisi yang nyaman dan hati-hatilah terhadap saraf kejepit.

Obesitas

Selain bisa memicu terjadinya berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan kolestrol tinggi. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya saraf terjepit. Anda harus tahu bahwa inti dari terjadinya saraf kejepit ialah adanya tekanan pada saraf dan hal ini bisa terjadi ketika anda terlalu gemuk.

Salah gerakan atau olahraga yang berlebihan

Leher yang sakit juga bisa disebabkan oleh gerakan yang salah atau melakukan olahraga yang berlebihan.

Selain sakit, kemungkinan saraf kejepit terjadi di bagian leher pun cukup cukup besar, apalagi jika anda sebelumnya tidak melakukan pemanasan.

Mka dari itu anda harus selalu berhati-hati terhadap gerakan yang di lakukan ketika sedang berolahraga.

Penyakit cakram degeneratif

Lher yang terkena saraf kejpit juga bisa disebbakan karena adanya penyakit cakram degeneratif di mana hal itu biasanya terjadi pada orang lansia. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Anda yang sudah lansia lebih rentan untuk terkena saraf kejepit di leher akibat penyakit degeneratif, tentunya hal ini ada kaitan erat efek dari bertambahnya umur dan penuaan.

Trauma

Pada saat anda mengalami kecelakaan, maka bisa memungkinkan terjadinya trauma yang akhirnya juga bisa menyebabkan saraf kejepit di bagian leher.

Timbulnya trauma secara mendadak atau tiba-tiba bisa menyebabkan saraf di bagian leher terkejut. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Oleh karena itu, ketika mengalami kecelakaan, lebih baik anda memeriksakan keadaan tubuh sesegera mungkin.

Stress fisik

Timbulnya saraf kejepit di bagian leher juga bisa di sebabkan oleh efek dari stress fisik yang di peroleh secara berlebihan.

Apabila anda salah seorang yang sering melakukan pekerjaan secraa berulang kali atau mengangkat benda yang terlalu berat di bagian atas kepala.

Mungkin sjaa hal tersebut kelihatannya gampang, namun salah-salah bisa menjadikan saraf tertekan dan malah menimbulkan rasa sakit luar biasa.  Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Arthritis leher

Arthritis di leher juga bisa memicu terjadinya saraf kejepit di bagian leher, pada umumnya penyakit ini terjadi pada orang yang sudah lansia.

Kondiis tersbeut juga masih ada kaitannya dengan degenerasi tulang leher dan juga faktor usia.

Osteoarthritis

Tidak hanya arthritis, adanya osteoarthritis atau gangguan persendian juga bisa menjadi penyebab utama dari saraf yang kejepit di bagian leher.

Biasanya gejala utamanya ialah timbulnya rasa nyeri di bagian sendi, namun rasa tersebut akan mudah hilang tapi juga mudah timbul kembali.

Bahaya dari saraf kejepit

Setelah mengetahui penyebabnya, anda juga harus tahu bahaya apa saja yang akan ditimbulkan oleh saraf kejepit. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Baik itu terjadi pada bagian leher ataupun bagian tubuh lainnya, hal ini tetaplah berbahaya, dan di bawah ini adalah bahaya dari saraf kejepit :

# Saraf rusak

Jika anda mengalami saraf kejepit dan tidak di tangani secara tepat dan cepat, maka saraf akan rusak dan akan kehilangan fungsinya.

Sehingga aktivitas dari saraf akan menjadi terganggu dan jika anda memaksakan berdiri untuk melakukan kegiatan maka saraf yang terjepoit akan lebih parah. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari melakukan aktivitas yang berat atau berlebihan.

# Kesemutan

Bahaya selanjutnya dari saraf kejepit yang akan sering anda rasakan ialah kesemutan. Kesemutan yang kerap terjadi merupakan sebuah tanda bahwa saraf tak mampu lagi dalam menopang, akiat saraf yang kejepit. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

Sebagian besar masyarakat seringkali menggap enteng kesemutan, padahal kesemutan ini bisa berefek buruk ke depannya.

# Mati rasa

Tidak hanya kesemutan, saraf yang kejepit juga bisa menimbulkan matai rasa. Timbulnya mati rasa ini akibat dari saraf yang sudah tak senormal dulu.

Sehingga saraf yang terganggu akhirnya gagal dalam mengirim pesan ke organ otak dan inilah yang menjadikan tubuh tak lagi mampu merasakan hal yang seharusnya bisa di rasakan.

# Sensasi panas dan terbakar

Saraf kejepit yang terjadi pada bagian leher biasanya akan menimbulkan sensasi terbakar. Sensasi ini memang sangat mirip dengan sensasi kesemutan, namun kesemutan yang berlebihan bisa terjadi ketika saraf kejepit diabaikan begitu saja.

Tanda dari kesemutan berlebihan ialah timbulnya rasa seperti terbakar, terutama pada bagian saraf yang kejepit.  Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

# Lumpuh

Dan berikut ini adalah bahaya yang paling mengancam pada kondisi saraf kejepit yang terjadi pada bagian leher yaitu kelumpuhan.

Dan lumpuh ini tidak lagi seperti mati rasa dimana hanya sementara saja penderita merasakan sesuatu.

Lumpuh merupakan suatu kondiis dimana saraf sama sekali akan mati dan tidak bisa lagi dijalankan. bukan lagi sementara tapi saraf tidak akan merasakan apa-apa lagi seterusnya.

Manfaat senam untuk saraf kejepit

Apabila anda melakukan senam untuk mengurangi gejala syaraf terepit, maka akan mendapatkan beberapa keuntungan dan manfaat seperti yang di bawah ini: Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

  • Senam bisa membantu meredakan gejala syaraf kejepit dengan lebih alami dan tanpa efek samping, karena tidak ada sedikitpun unsur yang harus di masukan kedalam tubuh. Anda hanya perlu melakukan gerakan yang di sarankan dengan cara perlahan dan seksama.
  • Keuntungan selanjutnya dari senam ialah bisa menjaga kelenturan badan dan otot saraf, terutama di bagian yang terkena saraf kejepit. Sehingga secara perlahan-lahan kondiis saraf yang terjepit bisa menjadi lebih optimal dan sehat kembali.
  • Bahkan senam ini bisa menjaga kesehatan badan dan jantung, karena secraa tidak langsung olahraga tidak hanya bermanfaat untuk mengatur pergerakan saraf, tapi juga membantu organ tubuh lainnya berfungsi lebih maksimal. Terutama untuk pernafasan yang akan membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kardiovaskular. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher
  • Tidak hanya itu senam juga bisa menjaga stress, selain menyembuhkan penyakit saraf, rajin melakukan senam merupakan salah satu bentuk untuk mencegah timbulnya stress. Mka dari itu sebaiknya anda melakukan senam secara rutin agar pikiran terbebas dari tekanan-tekanan.

Cara melakukan gerakan senam

  1. Pemanasan

Pemanasan ini bertujuan agar oto tubuh mengalami pembiasaan terlebih dahulu terutama jika telah lama tidak melakukan olahraga rutin. Berikut ini adalah gerakan pemanasan:

– Mulailah dengan menggerakan kepala ke segala arah, menoleh ke kanan dan kekiri secara perlahan. Dan ulangilah hingga beberapa hitungan dan set gerakan, lakukan secara pelan tapi dengan irama seimbang. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

– Yang kedua gerakanlah kepala menengok ke atas dan kebawah selama beberapa kali atau beberapa set gerakan.

– Selanjutnya anda harus memtuar kepala dengan perlahan ke arah jarum jam beberapa kali dan kearah berlawan jarum jam beberapa kali

– Gerakanlah tangan anda ke kanan dan ke kiri secara bergantian hingga beberapa kali atau beberapa set.

– Dan yang terakhir ialah menggerakan kaki ke depan dan belakang, kanan dan kirri secara bergantian. Dan putar-putarlah pergelangan kaki secara perlahan dan seirama hingga terasa lebih lemas dan nyaman.

2. Gerakan inti

Jik anda sudah melakukan gerakan pemanasan, maka selanjutnya bisa mulai melakukan gerakan inti seperti ini:

– Posisikanlah tubuh anda berdiri tegak dan pilin kedua jari tangan kanan ataupun kiri. Lalu angkat tangan keatas kuat-kuat dan berjinjitlah menggunakan ujung kaki sebagai tumpuan dan tariklah tangan kearah belakang dan ke depan. Bukalah kaki anda dan arahkan tangan ke depan dengan membungkuk maksimal. Senam Untuk Syaraf Kejepit Di Leher

 

post by: obat lipoma

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *